Perayaan Dandangan….. di Kudus…. Ikutan yuukk….

Ratusan petugas keamanan dari Polres Kudus disiapkan untuk pengamanan perayaan tradisi Dandangan untuk menyambut bulan puasa Ramadan di Kabupaten Kudus, Jateng, yang dilaksanakan sejak 11 Agustus hingga 21 Agustus 2009.

dandangan“Petugas yang kami terjunkan meliputi petugas lalu lintas, Samapta, Reskrim, dan Intel,” kata Kapolres Kudus, AKBP Bayu Wisnumurti, melalui Kasatlantas, AKP Umbar Wijaya, di Kudus, Rabu.

Khusus untuk petugas dari Satlantas, katanya, berjumlah sebanyak 30 orang. Mereka diplot untuk bertugas di kawasan tersebut untuk pengaturan dan pengalihan arus lalu lintas.

Untuk menghindari kemacetan, karena beberapa ruas Jalan Sunan Kudus digunakan untuk lokasi Dandangan, katanya, para pengguna jalan dari arah Jepara dialihkan ke Jember menuju Jalan HM Subekan.

Selanjutnya, mereka dapat melewati Jalan Noorhadi – Jalan Dr Wahidin menuju Jalan Wachid Hasim hingga ke Matahari. Sedangkan dari arah Semarang, pengendara dapat melewati Jalan Mayor Basuno – Jalan Nitisemito dan mengambil ke kanan arah Jalan HM Subechan.

“Setiap perempatan jalan yang ditutup disiapkan personel pengamanan,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar setempat, Bambang Supriyanto, menyatakan, pihaknya sudah melakukan upaya untuk mengatur pedagang pada lokasi yang telah ditentukan. “Setidaknya, potensi gangguan terhadap warga sekitar bisa ditekan,” ujarnya.

Ia berharap, semua pedagang ikut menjaga akses jalan warga sekitar agar tidak terganggu.

Sementara itu, salah seorang pedagang, Munawaroh, asal Jepara, berharap, perayaan Dandangan tahun ini dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar.

“Berdasarkan pengalaman berjualan pada perayaan Dandangan, omzet penjualan memang sulit diprediksi. Sehingga, wajar tahun ini saya berharap mendapatkan keuntungan lebih, mengingat sudah dua tahun tempatnya tidak pindah,” ujarnya.

Ia mengaku, saat lokasi dandangan dipindah ke GOR Wergu, penghasilannya turun drastis. “Pasalnya, jumlah pengunjung sedikit sekali. Berbeda jika lokasinya berada dekat dengan Menara Kudus, pengunjung dipastikan banyak,” ujarnya.

(Sumber: kompas.com)

About -dN5
Here I am........

One Response to Perayaan Dandangan….. di Kudus…. Ikutan yuukk….

  1. Gunawan AT says:

    Wach…..Kalo diadakannya Di Belakang Satyagama ada Personel keamanannya ga yc…..Ho…hooo !!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: