Sweeping Terhadap Warga Malaysia di Jakarta… qo jadi begini yaa…??

By Doddy Poerbo

sweeping warga MalaysiaSepertinya POLRI harus bertindak tegas, sweeping terhadap warga Malaysia oleh oleh sekelompok warga di Jakarta dapat menimbulkan anarkisme. Apakah sudah tidak ada cara lain yang lebih realistis ? Tidak semua warga Malaysia setuju dengan penghinaan terhadap bangsa Indonesia, begitu juga sebaliknya, tidak semua bangsa Indonesia setuju dengan apa yang dilakukan bangsanya. Demokrasi, tapi kalau bikin tidak nyaman tentunya harus kita hindari.

Kalau bertengkar di internet atau media, wajar-wajar saja, tetapi kalau sudah melakukan aksi di negara sendiri, apa dapat dibenarkan. Dari pada melakukan sweeping di Jakarta, lebih baik berangkat ke Malaysia menyamar menjadi TKI, dapat bebas berbuat sesuka hati disana.

Jika kita lihat komposisi penduduk Malaysia, setiap 10 orang penduduk, 1 diantaranya adalah orang dari Indonesia. Dan orang Indonesia di Malaysia terpakai oleh para pengusaha yang didominasi etnis Cina dan India. Sebagai warga pendatang, etnis Cina dan India yang menguasai perekonomian tentu mencari tenaga kerja yang siap bekerja keras. Yang bersedia untuk bekerja keras adalah para TKI dan orang Indonesia lainnya yang memang sudah turun temurun tinggal di Malaysia. Hal ini membuat warga asli Malaysia merasa tersingkir oleh bangsa Indonesia di negerinya sendiri. Bangsa Indonesia di Malaysia, tidak semuanya menjadi pekerja, banyak yang menjadi pedagang dan usaha lainnya. Produk2 Indonesia banyak dijual di Malaysia oleh bangsa Indonesia mulai dari makanan, sandang dan lain-lain. Lama kelamaan produk dari Indonesia itu diproduksi di malaysia oleh bangsa Indonesia juga seperti halnya jenis kain batik. Demikian juga halnya dengan seni budaya, rekaman lagu-lagu penyanyi Indonesia laku keras di Malaysia adalah salah satu contohnya. Seni budaya Indonesia juga berkembang di Malaysia yang dibawa oleh bangsa Indonesia dan warga Malaysia yang berasal dari Indonesia sudah dianggap bagian dari keanekaragaman etnik yang ada di Malaysia, dijadikanlah seni budaya Indonesia bahan promosi pariwisata Malaysia. Semua ini tidak terhindarkan karena adanya interaksi bangsa Indonesia Di Malaysia.

Semua bangsa dari penjuru dunia yang berkunjung ke Indonesia wajib kita hargai sebagimana layaknya kita menghormati tamu. Mestinya kita harus memilah, bangsa Malaysia yang ada di Indonesia adalah adalah tamu bangsa kita, berikan keramahtamahan kita sebagai mana julukan bangsa Indonesia adalah bangsa yang ramah. Tentunya, tindakan sweeping dijalanan bukanlah ciri keramahtamahan.

(Sumber: detiknews.com, kompasiana.com)

About -dN5
Here I am........

7 Responses to Sweeping Terhadap Warga Malaysia di Jakarta… qo jadi begini yaa…??

  1. Atyd says:

    Bukan begini d caranya…..
    Kasihan….

  2. Eri riskandari sitompul says:

    Negara kita dikenal karena keramahannya,bukan kemarahannya, cuma ada satu cara untuk menyelesaikan semua masalah, yaitu menekan ego,, karena egolah kita marah..

  3. Indonesia United says:

    Kita ini bangsa yang besar.. Dulu hanya bermodal bambu runcing kita bisa menekan penjajah untuk mundur…, masa cuman masalah kaya gini doank kita terprovok….??

  4. Indonesia united says:

    Udahlah kitakn bngsa yg pintar dn besar smakin diladenin makin mnjadi2 mreka!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: