Upacara Grebeg Syawal Keraton Surakarta… Menarik…!!

grebeg_syawalAda hal menarik yang aku lihat selama masa Lebaran kali ini… Selain berita tentang para pemudik, juga event menarik selama masa Lebaran ini… Khususnya di beberapa daerah, seperti Grebeg Syawal di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kota Solo, Jawa Tengah.

Acara ini dianggap sebagai kegiatan rutin, seperti yang kita lihat melalui tayangan televisi pada hari Senin kemarin, 21.09.2009, terlihat antusiasme masyarakat dalam mendapatkan gunungan yang diperebutkan, antara lain gunungan “jaler” dan gunungan “estri”, begitu menurut berita.

Gunungan ini menjadi rebutan para hadirin dan masyarakat (yang sudah hadir dari sejak pagi hari…..) sekitar yang dipercaya dapat mendatangkan berkah….. dimana gunungan ini merupakan hasil bumi, seperti nasi, ketan, sayur-sayuran, dan telur, diarak dari keraton menuju Masjid Agung Surakarta dan kemudian didoakan oleh para pemuka agama Keraton Surakarta di masjid tersebut.

Memang masyarakat meyakini doa yang diberikan akan memiliki berkah. Kita memberikan respek pada keyakinan mereka ini, mengingat usaha yang dilakukan ini, bila diperhatikan ternyata masyarakat yang hadir ternyata banyak juga yang berasal dari daerah lain.

Dari informasi yang diperoleh dari situs berita Antara menulis dalam artikel “Gunungan Grebeg Syawal Keraton Surakarta Jadi Rebutan” hal berikut:

Wakil Pangangeng Sasono Wilopo, KRA Winarno Kusumo, mengatakan, gunungan tersebut merupakan simbol syukur Sultan Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan rakyatnya atas keberhasilan menempuh puasa selama satu bulan penuh.

“Selain itu, upacara adat ini merupakan wujud rasa syukur Keraton Surakarta pada Tuhan karena telah melindungi Sultan Pakoe Boewono XIII dan rakyatnya,” kata dia.

Pemberian gunungan tersebut kepada rakyat, lanjut Winarno Kusumo, merupakan wujud kepedulian sultan kepada rakyatnya.

Menarik…!

About -dN5
Here I am........

3 Responses to Upacara Grebeg Syawal Keraton Surakarta… Menarik…!!

  1. Shanti L. says:

    Jadi pengen ke Yogya deh akyu….
    Bagus siy kayaknya…..

  2. Salah satu kekayaan Budaya kita…patut dilestarikan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: