Gempa… Marilah Peduli…

By Diah Anggreni

gempa sumbarKetika kita menerima kabar tentang musibah yang berturut-turut yang menimpa negeri kita, terutama pada bulan-bulan terakhir ini. Dimana belum hilang dari ingatan kita pada Gempa 7.3 SR di Tasikmalaya (12/9), gempa dahsyat kembali mengguncang wilayah Indonesia. Kota Padang dan Pariaman (30/9) dihantam gempa dengan kekuatan 7.6 SR dan satu hari berikutnya (1/10) gempa 7.0 SR menggucang Jambi hati kita menjadi miris.

Banyak tanggapan dari masyarakat terhadap peristiwa memilukan ini, memang umumnya bernada simpati. Tetapi ada pula yang mengkaitkannya dengan hal-hal yang bersifat religi dan sembari mengutip ayat-ayat dari kitab suci, terutama dikaitkan dengan masalah dosa. Hal tersebut memberikan anggapan seolah-olah mereka yang tertimpa musibah adalah orang-orang yang “sial” dan telah berlaku “salah”…… Apakah kita layak menghukum mereka, sementara kita tidak melakukan apa-apa…?? (Lihat artikel pada bLog ini…. “Apakah Mereka Lebih Berdosa..??”)


Seorang pembaca bLog ini juga menanggapi fenomena bencana di negeri kita, dengan pandangannya yang tidak setuju dengan pola pikir menyalahkan…. Sebagai berikut:

Saya setuju sekali dengan pandangan untuk tidak mengaitkan antara musibah yang terjadi dengan peringatan dari Allah SWT. Apalagi bila itu dilakukan pada saat bencana tersebut terjadi. Kayanya ngenes banget, sudah terkena bencana masih aja di-salah2in….

Lebih baik kita fokus pada memberikan pertolongan yang semaksimal mungkin kepada masyarakat di daerah yang terkena bencana dan mencari jalan keluar yang terbaik untuk meminimalisir dampak bencana. Sudah waktunya pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama bahu membahu mencari jalan agar bencana apapun yang terjadi dapat segera ditangani…

Allah SWT dalam wahyu pertamanya kepada Rasullullah Muhammad SAW, menyatakan agar kita “membaca” (iqra)… Membaca sangat luas artinya.., termasuk membaca tanda2 alam.., membaca/mencari/memperdalam pengetahuan untuk keselamatan manusia sesuai dengan tugas manusia sebagai Khalifah di bumi…

Pandangan Diah Anggreni tentu perlu kita renungkan bersama, sebagai satu bangsa Indonesia yang peduli…….
Salam !

About -dN5
Here I am........

2 Responses to Gempa… Marilah Peduli…

  1. Gempa adalah peristiwa alam, manusia siapapun dia, tidak dapat dielakkan.Mengait2kan satu peristiwa alam dengan hal tertentu seperti keyakinan/religi boleh2 saja,itu untuk mengingatkan kuasa Maha Pencipta…tapi harus diingat juga…korban Gempa itu sendiri butuh pertolongan kita semua.

  2. -dN5 says:

    Kita sangat prihatin dan perduli pada mereka….
    Marilah membantu….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: