Hati2 dengan ‘Password’… Maling Cyber Berkeliaran…

password googleSelain kasus yang kita temui di dunia jejaring sosial, seperti di facebookperusahaan2 yang melarang penggunaan situs ini pada jam kantor, dan kecemburuan pasangan gara2 situs facebook – Aku mengalami sendiri di kantorku, ketika ‘boss’ aku meminta untuk mempersiapkan perangkat komputernya… Ini merupakan hal yang umum dan lazim ditemui, mengingat kebanyakan pimpinan kurang begitu peduli tentang pentingnya keamanan data pribadi di komputernya, mereka dengan gaya ‘sok penting’ dan ‘sok sibuk’ tak menentu… Demikian juga hal yang sama kita temui di perangkat BlackBerry, para petinggi lazimnya sering menyepelekan hal ini…. Saat sang ‘boss’ memberikan suatu password yang aku tahu sangat mudah ditebak, aku sebenarnya sudah menyarankan agar diganti dengan password lain, tetapi dia bilang, “..sudah itu saja, biar gampang diingat….” Hahaha….


Belum lagi bila aku melihat, bagaimana teman-teman di tempat kerja yang mengabaikan password mereka di email-nya, maupun password di situs jejaring sosial lainnya, seperti di facebook dan twitter, misalnya… Tidak takut dibobol maling cyber…??

Seperti yang aku kutip dari sebuah artikel di okezone, yang ditulis oleh Stefanus Yugo Hindarto, sebagai berikut:

Beberapa waktu lalu, Microsoft mengungkapkan bahwa sekira 10 ribu password akun hotmail milik beberapa pengguna telah disebar secara sengaja oleh kriminal cyber.

Layanan email milik Microsoft itu berhasil dibobol oleh scammer dan secara sengaja dipublikasikan di sebuah situs internet.

Untuk mengantisipasi hal itu, ada baiknya kamu membuat password yang jarang digunakan oleh kebanyakan pemakai internet.
Sebab itu, ahli keamanan Bogdan Calin dari Acunetix mencoba mengungkapkan sejumlah password yang dianggap pasaran dan mudah dibobol. Demikian dilansir Times Of India, Senin (12/10/2009).

Berikut password yang dianggap pasaran:
1). 123456
2). 123456789
3). Nama Depan (Paling Banyak digunakan di Amerika Selatan)
4). 111111
5). 12345678
6). iloveyou
7). Tanggal lahir
8). Tanggal perkawinan
9). Kata ‘Password’
10). Nama belakang

Memang perlu aku tuliskan hal ini, mengingat keluhan dari teman-teman baru disampaikan bila mereka sudah menjadi korban cyber, dan memang hal ini akan menjadi runyam….. Jadi bagaimana sebaiknya? Mungkin kita sudah sering diberikan saran cara terbaik membuat password atau mungkin di artikel lain saja yaa….😉

(Diolah dari okezone)

About -dN5
Here I am........

7 Responses to Hati2 dengan ‘Password’… Maling Cyber Berkeliaran…

  1. Shanti L. says:

    Untung aja password ku rumit…
    Susah d nebaknya…hihihi….

  2. ana setia urip says:

    wah..pak gimana yah.? kita khan bukan perusahaan besar jadi data yg ada blum terlalu penting, apa ada untungnya juga buat cyber cyber itu sendiri..??

    • -dN5 says:

      Bersikap waspada dari awal sangat disarankan bagi komunitas usaha maupun nirlaba….. Data memang mula2 sedikit pada usaha skala kecil…. tetapi seiring dengan perkembangan waktu dan perkembangan usaha itu sendiri, kelihatannya faktor keamanan data perlu diperhatikan…
      Terimakasih atas masukannya….!

  3. apriyadi says:

    kalau gitu kita harus lebih berhati-hati dalam membuat password, usahakan dalam membuat password yang susah untuk ditebak, dan kita sendiri yang tahu password yang kita buat dan jangan sekali-kali memberitahukan kepada si A, ataupun si B, ataupun si C, biasanya kita memberitahu satu orang biasanya akan menyebar menjadi banyak yang tahu. nah itu akan data yang tidak aman. dan apabila kita buka email, jangan lupa untuk sign aut. kadang-kadang saya lihat orang-orang buka email lupa sign aut, terutama diwarnet kalau ketemu si jail udah abis jadi makanan empuk de hehehe…. emailnya di obrak abrik. nah jadi semuanya kembali ke diri kita masing-masing sseberapa teliti kita mengunakan password….?

  4. Pingback: IkLan Seks di Microsoft Kin…? « Stories From The Road… SFTR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: