Qory Sandioriva… Putri Indonesia 2009.. Siapa Dia..???

Puteri Indonesia 2009Sore hari yang menjengkelkan di Jakarta sore hari, maceettt…. traffic jam… dimana-mana…. Kupikir sambil menunggu macet yang heboh ini, lebih baik aku mencari kopi dulu…. Humm… nikmatnya….. Beberapa teman sambil bercanda menceritakan kehebohan berita tentang Qory… Wah… siapa dia…. si Qory yang mana..?? Oohh… maksudnya si Putri Indonesia yang baru….. Pasti cakeplah ya….

Iya aku sendiri ingat sewaktu menyaksikan pagelaran Putri Indonesia 2009 melalui televisi Indosiar pada hari Jumat, 9 Oktober lalu yang diselenggarakan oleh Yayasan Putri Indonesia, tak ada perasaan lain, kecuali decak kagum melihat dara-dara cantik rupawan, pintar dan diiringi senyum menawan… Aku terpana akan kecantikan mereka, bertubuh langsing semampai….. aduuuhhh…. Aiiyyhh

Sambil di dalam hati menduga-duga, siapa gerangan yang akan memenangi ajang pentas kecantikan dan kecerdasan ini….. Ketika sampai di penghujung acara, presenter memanggil siapa yang terpilih dalam 5 besar, aku langsung tertarik pada penampilan dari putri yang mewakili Nanggroe Aceh Darussalam…. Putri ini menarik, cantik alami, natural deh…. Kulitnya halus dan membawa pesona tersendiri, misterius……. Tetapi aku tetap ragu, apakah dia bisa memenangi ajang kecantikan ini yang diwakili oleh 38 kontestan….. Mengingat juri bisa saja mempunyai kriteria berbeda…… dan para putri lain juga memiliki kecantikan yang tak kalah menawan hati……


Aku bukan bermaksud menyombongkan diri, bahkan bila disandingkan dengan Miss Universe 2009, Stefania Fernandez….. Aku tetap mengatakan putri dari ujung barat negeri kita ini bahkan lebih menarik…. enggak bohong loohh….

Keunggulan putri yang satu ini semakin terlihat, saat sesi tanya jawab, jawaban yang diberikan sangat baik dan memberikan kepuasan kepada kita yang mendengar, bukan seperti seolah sudah diskenariokan, hapalan….. Emangnya seperti itu…??? Ya iyalah…. masak siyy enggak ingat, skandal Putri Indonesia, dua tiga tahun lalu…. yang jawabannya sangat tidak intelek, memalukan….. kecuali bodi yang semlohei miliknya, siapa tuuu…. aaahhh teman-teman tentu tahu lah yaa…. Hahaha….

Jadi siapa niey si Qory ini…..??

Qory Sandioriva (lahir di Jakarta, 17 Agustus 1991, 18 tahun) adalah aktris Indonesia yang terpilih sebagai Puteri Indonesia 2009.

Qory merupakan putri dari pasangan Dicky Jatmika Ustama dan Fariyawati. Sejak 2009, ia menempuh studi di jurusan Sastra Perancis FIB Universitas Indonesia. Ia adalah lulusan dari SMA Al-Azhar 1 Jakarta.

Sebelum mengikuti pemilihan Puteri Indonesia 2009, Qory sempat membintangi beberapa FTV dan sinetron. Selain itu, ia juga sempat menjadi Juara I Vocal & band Al-Azhar Indonesia serta juara I fighting pencak silat.

Kontroversi jilbab
Pada malam grand final, Qory mengeluarkan pernyataan yang memicu kontroversi ketika ia menjawab pertanyaan dari pembawa acara Charles Bonar Sirait mengenai keberaniannya untuk tampil berbeda tanpa jilbab seperti lazimnya kontestan-kontestan asal NAD sebelumnya….. Ia menyatakan telah mendapatkan izin dari Pemerintah Provinsi NAD untuk hal tersebut. Pernyataan tersebut kemudian ditafsirkan oleh sebagian masyarakat bahwa ia telah menanggalkan jilbabnya karena mengikuti Puteri Indonesia 2009.., sehingga memicu kontroversi atas kepantasan hal tersebut. Dalam konferensi pers setelah acara, ia menjawab pertanyaan wartawan dan mengatakan bahwa ia memang sebelumnya tidak menggunakan jilbab dalam kesehariannya….. Naahh…

Tentu saja penyataan Qory sangat disesalkan oleh ulama di Aceh sendiri:

Terpilihnya Qory Sandioriva sebagai Puteri Indonesia 2009 sangat disesalkan oleh ulama Aceh, karena tidak mencerminkan sebagai puteri dari daerah itu yang menerapkan syariat Islam. “Qory bukan cerminan puteri Aceh. Untuk itu, ia tidak berhak mengatasnamakan rakyat Aceh. Ini sangat kita sesalkan,” kata Sekretaris Ulama Dayah Aceh (HUDA), Tgk Faisal Aly di Banda Aceh, seperti dikutip dari kapanlagi.com Sabtu (10/10), menanggapi terpilihnya Qory Sandioriva sebagai Puteri Indonesia 2009. Pada malam puncak Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2009 di TMII, Jakarta, Sabtu (10/10) dini hari, Qory menyisihkan dua finalis Puteri Indonesia lainnya, yaitu Zukhriatul Hafizah dari Sumatera Barat dan Ayu Pratiwi dari Maluku Utara. Faisal menyatakan, sebenarnya Qory tidak mewakili Aceh, karena di daerah ini belum pernah ada pemilihan Puteri Indonesia.

Secara pribadi aku gembira melihat putri ini memenangi pentas keputrian ini, walaupun nanti ia direncanakan akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2010… ajang yang lebih berat dan membutuhkan persiapan yang lumayan panjang dan terencana.

Terlepas dari hal kontroversi di atas yang tentu dapat mengundang perdebatan panjang…, sama ruwetnya perdebatan tentang isu kedatangan Miyabi yang kontroversial di masyarakat kita… dan tentu saja aku menghormati semua pendapat yang diberikan, begitulah teman… Seperti yang aku kutip dari komentar seorang teman di sebuah situs pertemanan, facebook, “Whatever! Yang pasti, kita semua terdewasakan oleh berbagai proses pro-kontra dari berbagai peristiwa yang singgah.. atau hanya numpang lewat dalam kehidupan kita… Dan kita pun memperoleh pembelajaran – dan pengayaan jiwa – darinya…….

Malam menjelang dan jalan belum juga lengang, suara klakson mobil bersahutan, wajah-wajah letih disekitarku…. Sambil meneguk kopi terakhirku, aku melihat seorang pengamen jalanan di persimpangan lampu merah yang padat tiada lelah menyanyikan sebuah lagu Nidji….. “Dia bukan milikku… Biarkan waktu waktu… Hapus aku……”

Qory…. Ya kamu bukan milikku, tapi milik kita bersama…. Selamat aja deehh…..!!

(Diolah dari berbagai sumber: Sumatera Ekspres, wikipedia.org)

About -dN5
Here I am........

7 Responses to Qory Sandioriva… Putri Indonesia 2009.. Siapa Dia..???

  1. nez says:

    kLo aq tetap dukung Qory aja qo…..
    kayaknya ga perLu nge-judge dia deh….. emang yg pakai jiLbab pasTi baik…??
    ..lagian itu niru kebiasaan hidup orang Yahudi…. mundur deh ke abad 17…..

  2. Pingback: Ketika Sang Puteri di Taman Kawasan Tambling… « Hari-hariku setelah kemarin…..

  3. Pingback: Menjadi Perempuan ‘Girly’… Siapa Takut…? « Hari-hariku setelah kemarin…..

  4. Pingback: Rima Fakih, Dara Keturunan Arab… Miss USA 2010… Wow…!! « STORIES FROM THE ROAD… SFTR

  5. Pingback: Qory: Maafkan Aku.. Miss Universe 2010 Bukan Milikku… « Hari-hariku setelah kemarin…..

  6. Pingback: Astrid Ellena… Miss Indonesia 2011 « Hari-hariku setelah kemarin…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: