Lebaran Betawi 2009.. Ayoo aja…

lebaran betawiSabtu pagi rasanya badan masih pegal….. Samsuri masih pengen bebaring dulu di tempat tidurnya….. tapi kemudian dia ingat kalau kemarin malam temannya Mili mengajaknya untuk ikutan di acara Lebaran Betawi…. Ya ini dia deh….. Kapan lagi bisa mengingat dan mengenang seni budaya leluhurnya……

Gue udah lama juga kagak ngikutin acare dari kampung gue, habis kalo lebaran orang-orang pada mudik, naaahhh…. Gue…. Kagak tahu mau mudik kemane…. Lah… Kampung gue ya disini-sini juga…. Hahaha….

Jadi Samsuri segera bangun dan mandi.. Tidak ingin mengecewakan temannya Mili yang akan segera datang menjemput pagi-pagi….. Nyokap sudah memasak dan sebentar lagi menyiapkan sarapan kesukaannya, biasa deh…. Nasi uduk dan tempe goreng pake sambel…. Humm… Nyumm….🙂


lebaran betawiLebaran Betawi itu sendiri apa ya…?? Ini siyy dari informasi yang didapat kira-kira acaranya untuk melestarikan salah satu tradisi budaya Betawi, penyelenggara sekali ini dari Badan Musyawarah (Bamus) Betawi yang akan menggelar Festival Lebaran Betawi 2009 sekaligus untuk menghidupkan seni budaya milik warga Betawi sendiri….. Kegiatan dipusatkan di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan, pada akhir pekan ini, tanggal 17-18 Oktober, Sabtu dan Minggu cuyy…….

Memang idenya menarik… dan bagi Samsuri sendiri, mengingat dia sebagai salah satu putra Betawi di Jakarta ikatan batin kepada seni leluhur serasa memanggilnya….. Pastilah….

Festival ini katanya (menurut Ketua Umum Bamus Betawi, Nachrowi Ramli) akan dimeriahkan dengan berbagai kesenian serta sajian kuliner Betawi secara gratis bagi warga Jakarta… Wah rasanya tambah bergetar hati Sam….

lebaran betawiLebaran Betawi merupakan tradisi budaya Betawi usai Lebaran dengan melakukan hantaran atau anteran. Hantaran tersebut berupa pemberian atau hadiah dari yang lebih muda kepada yang lebih dituakan….. “Hantaran itu isinya segala macam makanan khas Betawi. Nilai yang terkandung adalah silaturahmi, jadi melalui festival ini ada hantaran dan silaturahmi dengan seluruh masyarakat Betawi dan masyarakat lainnya yang hadir di festival tersebut.” tutur Nachrowi, Kamis kemarin.

Katanya acara ini dimulai dari pagi hingga tengah malam yang dimeriahkan oleh berbagai kesenian Betawi seperti gambang Kromong, Keroncong Jakarta, Wayang Kulit Betawi, Orkes Melayu, Ondel-ondel, dan hiburan layar tancap.

kuliner betawiLebaran Betawi ini juga kurang afdol rasanya bila tidak menyertakan sajian-sajian khas kuliner Betawi seperti nasi uduk, pecak gurame, gabus pucung, sayur asem, kerak telor, wajik dodol. Kemudian, tape uli, geplak, cendol, salak, dan bir pletok.

Samsuri segera bergegas begitu mendengar Mili datang dan mereka segera berangkat setelah permisi dulu ke nyokap dan babe..…. Humm…. Memang asyik di Sabtu pagi menuju ke acara ini….. Apalagi sosialisasi acara ini diharapkan akan hadir hingga ribuan warga Betawi yang datang dari berbagai wilayah di ibu kota dan sekitarnya. “Semua makanan khas dari lima wilayah Jakarta serta Kepulauan Seribu ada di Lebaran Betawi ini.” Yuuhuuuuu…….

kuliner betawiSekedar informasi tambahan, festival ini sebenarnya sudah terselenggara sejak dua tahun lalu dan diharapkan dapat dijadikan sebagai agenda tahunan masyarakat Betawi. Bagus bangetss…., bila diintegrasikan dalam promosi Jakarta sendiri maupun internasional…..

Memang menarik kita tiba di lokasi… Sesuai janji penyelenggara, banyak yang hadir dan terasa suasana yang hidup ketika berada bersama dengan komunitas ini… Asyik qo…. Hehe…..

Apakah rencana berakhir pekan dapat dijadwalkan ke acara ini…?? Mengapa tidak..?? Ayoo aja deehh….

(Diolah dari berbagai sumber, Foto koleksi beritajakarta.com, Sandro Gatra/kompas.com)

About -dN5
Here I am........

9 Responses to Lebaran Betawi 2009.. Ayoo aja…

  1. Pingback: Festival Lebaran Betawi… Suka nggak..?? « Hari-hariku setelah kemarin…..

  2. Shanti L. says:

    Bagus qo acaranya…
    Klo bisa tahun depan lebih dipromosikan…..

  3. nez says:

    setuju banget….

    • -dN5 says:

      Promosi baik bagi pemerintah daerah, khususnya DKI…. Tinggal membuatnya menjadi kalender tahunan… dan dikelola secara profesional…..

  4. Herman says:

    Mantap deh… Betawi punye….
    Tarikkkkk…..

    • -dN5 says:

      Betawi memang suku yang dinamik dan unik…. Menarik melihat mereka, baik keseniannya, kuLiner, cara hidup dan lain2…. Memperkaya khasanah budaya bangsa kita yang memang beragam……

  5. ronal erawan says:

    wah mwantab,…. gw sebagai orang jakarta, sangat bangga,… yang dimana trdisi ini sudah hampir terlupakan,…. dengan adanya acaranya ini, masyrakat betawi gak bakal pernah lupa bahwa tradisi mereka juga ada dan sangat menarik…..

    • -dN5 says:

      Benar Ronal…. Kita selalu mendukung pengembangan seni budaya di negeri kita….. Semoga tradisi Lebaran Betawi menjadi salah satu acara yang terus dinamis…
      Salam !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: