Malaysia Klaim Juga… Bunga Raflesia Arnoldii Milik Siapa..??

raflesia arnoldiiSetelah beberapa kasus negeri kita dengan Malaysia beberapa waktu lalu yang menghebohkan, seperti Klaim Tari Pendet, Lagu Indonesia Raya yang dilecehkan, kasus klaim Pulau Jemur dan beberapa kasus lain… Hal ini membuat sebuah organisasi kemasyarakatan di Bengkulu, Kelompok Peduli Puspa Langka Desa Tebat Monok, Kabupaten Kepahiang segera menggiatkan diri, agar klaim terhadap suatu flora langka yang baru saja mencuat dapat segera diantisipasi… Klaim Malaysia terhadap bunga Raflesia Arnoldii ternyata dapat mengusik kita, bunga ini terdapat di kawasan Hutan Lindung dan Cagar Alam Taba Penanjung……. Satu bunga sedang mekar sempurna dan diperkirakan masih mekar hingga empat hari ke depan….

Kelompok ini seperti yang disampaikan oleh ketuanya, Holidin mengatakan, “Terus terang kami sakit hati mengetahui dari media bahwa Malaysia juga mengklaim bunga Raflesia,” hari Minggu kemarin.


raflesia arnoldii2Ada dua yang mekar, posisinya 200 meter dari jalan raya. Sebenarnya kami tidak semangat membuka jalan karena medannya curam, tetapi mengingat klaim Malaysia atas Raflesia, semangat anggota kelompok jadi tinggi,” katanya.

Bunga yang mekar tersebut berada di kemiringan 65 derajat dengan diameter 80 cm, dan dapat dinikmati pengunjung hingga 12 hari ke depan sebelum membusuk…

Satu bunga lainnya masih mulai membuka kuncup dan diperkirakan mekar sempurna enam hari lagi. Selain dua bunga tersebut, kelompok ini juga menemukan dua calon bunga sebesar bola kaki, dan lima yang sebesar bola kasti…

Selain tujuh calon bunga tersebut, Holidin yang saat ini sedang membersihkan lokasi bunga dan merintis jalan setapak bagi pengunjung mengatakan enam inang bunga Raflesia juga menunjukkan tanda-tanda calon bunga yang biasa disebut tombol.

raflesia arnoldii3Disebut juga Patma Raksasa
Bunga ini sendiri sering disebut Patma raksasa (Rafflesia arnoldii) merupakan tumbuhan parasit obligat yang terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar, bahkan merupakan bunga terbesar di dunia. Ia tumbuh di jaringan tumbuhan merambat (liana) Tetrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis. Tumbuhan ini endemik di Pulau Sumatera, terutama bagian selatan (Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan). Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan daerah konservasi utama spesies ini. Jenis ini, bersama-sama dengan anggota genus Rafflesia yang lainnya, terancam statusnya akibat penggundulan hutan yang dahsyat. Di Pulau Jawa tumbuh hanya satu jenis patma parasit, Rafflesia patma.

Bunga merupakan parasit tidak berakar, tidak berdaun, dan tidak bertangkai. Diameter bunga ketika sedang mekar bisa mencapai 1 meter dengan berat sekitar 11 kilogram. Bunga menghisap unsur anorganik dan organik dari tanaman inang Tetrastigma. Satu-satunya bagian yang bisa disebut sebagai “tanaman” adalah jaringan yang tumbuh di tumbuhan merambat Tetrastigma. Bunga mempunyai lima daun mahkota yang mengelilingi bagian yang terlihat seperti mulut gentong. Di dasar bunga terdapat bagian seperti piringan berduri, berisi benang sari atau putik bergantung pada jenis kelamin bunga, jantan atau betina. Hewan penyerbuk adalah lalat yang tertarik dengan bau busuk yang dikeluarkan bunga. Bunga hanya berumur sekitar satu minggu (5-7 hari) dan setelah itu layu dan mati. Presentase pembuahan sangat kecil, karena bunga jantan dan bunga betina sangat jarang bisa mekar bersamaan dalam satu minggu, itu pun kalau ada lalat yang datang membuahi.

Memang seringkali kita melihat semangat dan kepedulian masyarakat yang berkurang untuk menjaga setiap kekayaan yang menjadi milik kita sejak dulu, contoh terakhir adalah kekayaan flora, seperti bunga yang sedang mekar di kawasan Hutan Lindung dan Cagar Alam Taba Penanjung itu… Tetapi apakah menunggu sampai diklaim orang lain baru kita tersentak..??

Artikel terkait… Bunga Raflesia Dipotong Salah Satu Kelopaknya…

(Diolah dari wikipedia.org, kompas.com)

About -dN5
Here I am........

7 Responses to Malaysia Klaim Juga… Bunga Raflesia Arnoldii Milik Siapa..??

  1. Pingback: Batik Warisan Budaya dari Indonesia..! ..disetujui UNESCO… Siiiipp..!! « Stories From The Road… SFTR

  2. Shanti L. says:

    Aahh cape deh… Maunya apa nich Malaysia…
    Kenapa nggak sekalian aja…kLaim negara Indonesia-nya semua…. Hihihi…..
    Bunga Raflesia? Kayaknya ga mungkin banget deh…. Kan tumbuhnya hanya bisa pada daerah tertentu saja….. Kecuali Bengkulu sudah masuk provinsi atau negara bagian Malaysia….
    Ngawur deh…

  3. Herman says:

    Malaysia rupanya belum tahu kita yaa…… ntar diserbu, baru deh protes….minta perlindungan ke PBB…. Huuuuu……..

  4. Pingback: Rafflesia.., Sabah – Malaysia, Di Angkasa… « Stories From The Road… SFTR

  5. rixa pogung sudiawarja says:

    Bunga Raflesia itu adalah salah satu anugerah terindah yang diberikan Tuhan Yang maha Kuasa kepada bangsa dan negara ini……..so…..jgn sampe kecolongan lg kita pak, untuk menjaga dan melestarikan kekayaan yg dimiliki bangsa ini…….hidup Indonesia tanah airku…..!!!

    • -dN5 says:

      Tetapi bangsa kita baru tersadar bila sudah dicuri….. Memang perlu langkah2 yang lebih maju dari sekedar himbauan….

  6. Pingback: Malingsia! « Stories From The Road… SFTR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: