Boyolali dan Budiarto

By Febby Sahla

BoyolaliPukul 5 pagi tadi aku berangkat dari Semarang ke Klaten, antar kakakku ngedrop barang. Ga tau kenapa.., setiap masuk ke Boyolali aku selalu teringat kakak kelasku waktu SMA, namanya Budiarto
Aku juga ga ngerti kenapa di kota yang banyak patung sapinya ini tiba2 aja muncul wajahnya… Tapi.., mungkin yang bikin aku terkenang sama kakak kelasku ini adalah kita tergabung di satu grup teater. Bayangin aja buat bikin pertunjukkan kita sama team rela ngamen abis pulang sekolah….. Maklum ngandelin dana sekolah aja ga cukup. Betapa sabarnya dia bantu aku menghapal dialog yang panjang, bikinin ilustrasi musik untuk puisi temen2.., dan semangatnya untuk jual tiket yang setengahnya buat charity. Tapi yang bikin aku jadi inget dia adalah betapa struggle takdirnya. Ga pernah aku sangka dia tinggal terpisah jauh dari ortu dan menuntut ilmu di kotaku dengan cara yang unik…


Tinggal di Panti Asuhan dan menghabiskan separuh harinya dengan jadi kenek & ngamen

Kebaikannya itu lho… sama temen2 dan adik2 panti yang mungkin harus jadi cermin buat aku… Dia kerja bukan untuk dirinya sendiri.., tapi buat ortu, dan temen2 yang dia anggap keluarga sendiri. Ga pernah sekalipun dia ngeluh tentang betapa berat hidupnya… Ga pernah punya rasa iri sama yang laen.., dan satu hal yang bikin aku salut supportnya ke orang lain. Buat aku dia tuh orang yang banget2 ngebuka mata, bahwa kita harus bangga dengan ortu dan keluarga, walau seperti apa dan bagaimanapun keadaannya.
Dia juga bilang kalau dia bangga dengan dirinya dan takdir hidupnya…

Boyolali & Budiarto… Dua sisi yang saling terkait barangkali. Baru sekarang dalam perjalanan pulang dari Klaten aku tersadar… Begitu sayangnya Allah padaku, sepanjang waktu dalam hidupku diberi-Nya aku pelajaran berharga dari orang2 yang tak terduga, diberi-Nya aku cermin untuk berkaca…
Mungkin seharusnya aku belajar dari realita, bukan dengan teori saja…

Melihat segalanya lebih jelas… Agar aku bisa menilai lebih.. Lebih.. Dan lebih bijaksana…

———————————-

Febby Sahla. Tinggal di Semarang, rajin menulis di situs-situs pertemanan.

Artikel lain kLik disini…

About -dN5
Here I am........

3 Responses to Boyolali dan Budiarto

  1. Pingback: Apa yang Kita Sombongkan….. « Stories From The Road… SFTR

  2. Pingback: Nasihat mereka… « Stories From The Road… SFTR

  3. nez says:

    menarik…..

Leave a Reply

