Koin Peduli Prita… “Mahalnya Keadilan di Negeri (Hukum) Indonesia yang Kita Cintai…”

Ungkapan di atas disampaikan oleh Prita Mulyasari, terdakwa kasus pencemaran nama baik Rumah Sakit Omni International, Alam Sutera, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, saat diwawancarai di sebuah televisi berita, TVOne tadi malam sekitar jam 0730 wib, Minggu, 6 Desember 2009. Sebagai tanggapan atas putusan Pengadilan Tinggi Banten dalam gugatan perdata yang diajukan RS tersebut atas Prita yang didenda sebesar Rp 204 juta…

Tentu saja Prita merasa denda tersebut amat memberatkannya, “Uang itu terlalu besar bagi saya. Saya tidak bisa membayarnya,” ujar Prita yang didampingi anggota tim penasihat hukumnya, Slamet Juwono saat mendaftarkan surat kuasa kasasi atas perkara perdata yang dituduhkan kepadanya di Pengadilan Negeri Tangerang, Jumat, 4 Desember 2009 lalu.

Masyarakat luas yang mendengar kasus ini spontan tergerak, antara lain masyarakat pengguna internet – para netter – “facebookers” dan “bloggers” terus memberikan dukungan.


Dukungan unik datang dari sebuah kelompok milis di internet – berupa sumbangan uang koin Rp 500,- dimana seperti yang diakui penggagasnya, Elona Melo Tomeala Arief, Esti Gunawan dan Samsul Nur Abidin – yang bahkan tidak mengenal Prita secara pribadi – bermula dari mailing list (milis) Sehat Group sejak Kamis petang, 3 Desember 2009. Dimana Elona menggagas ide tersebut melalui e-mail yang terkirim pukul 18.22 wib dan disambut anggota milis yang beranggota 8.872 orang dan akhirnya merebak luas di jejaring Twitter dan Facebook.

Kenapa koin recehan, karena itu simbol protes, sindiran, dan keprihatinan publik. Selain sekaligus untuk membantu Ibu Prita,” ujar Elona.

Pusat Pengumpulan Koin
Seperti yang disampaikan oleh Moderator milis Sehat, Samsul Nur Abidin, pusat pengumpulan terakhir koin recehan adalah di :

Markas Grup Sehat
Kantor Yayasan Orang Tua Peduli

Komplek PWR No 60 Jatipadang
Jalan Taman Margasatwa 48
Jakarta Selatan
Telepon 021-71284653

(Selain tempat itu, ada juga tempat-tempat pengumpulan koin sementara di berbagai wilayah, yang dapat dilihat di situs www.sehatgroup.web.id dan tujuh posko lainnya di Jakarta dan sebelas di luar Jakarta).

Prita mengaku sangat terharu atas dukungan masyarakat luas pada dirinya, “Sumbangan uang koin simbol kekuatan rakyat kecil yang begitu saya hargai“.

Ia menjelaskan, uang koin untuk dirinya adalah simbol dari rakyat kecil yang berjuang menuntut keadilan yang tidak mereka dapatkan, seperti yang ia hadapi…

Uang koin sesuatu yang paling kecil, tetapi bagi saya itu sumbangan yang paling besar dari rakyat,” kata Prita.

Prita mengatakan, dirinya merasa seperti milik rakyat kecil yang tidak tega melihat penderitaan yang ia alami. Sedangkan sumbangan dari masyarakat tersebut merupakan simbol perjuangan untuk mendapatkan keadilan.

—————————————–

Untuk Bude Prita, dari AzkakLik disini…

(Diolah dari berbagai sumber, Foto Dhoni Setiawan, Icha Rastika/kompas.com, TVOne)

About -dN5
Here I am........

7 Responses to Koin Peduli Prita… “Mahalnya Keadilan di Negeri (Hukum) Indonesia yang Kita Cintai…”

  1. Pingback: Macbeth’s Shakespeare.. Minah, Anggodo.. Antara Tragedi dan Realitas….. « Stories From The Road… SFTR

  2. Pingback: Untuk Bude Prita, dari Azka… « Hari-hariku setelah kemarin…..

  3. nez says:

    bu Prita… aku ikut prihatin deh….
    ntar aku nyumbang yaaa….

  4. lin says:

    maju terus bu…… kami mendukung…..

    • -dN5 says:

      Kemarin ada acara Konser Untuk Prita di Hard Rock Cafe, Jakarta… masih dalam rangka…. Rupanya dukungan buat ibu Prita sudah menjangkau banyak kalangan….

  5. Pingback: Gempa Haiti… Apakah Kita akan Membantu…?? « Stories From The Road… SFTR

  6. Pingback: Review pementasan "Tragedi Macbeth" | teatersastraui.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: