Indahnya Kerukunan dan Kebersamaan…

Ketika bergabung dengan Barisan Ansor Serbaguna atau Banser pada tahun 1997, usia M Soleh Baskara sudah 52 tahun. Saat itu, dia punya satu tujuan bergabung dengan organisasi di bawah Nahdlatul Ulama ini, yaitu berbagi pengalaman.

Saya terpanggil untuk mengabdikan pengalaman saya di mana saja, apa pun bentuknya,” kata Soleh, suami dari Rusmini, di kantor Gerakan Pemuda Ansor, Jakarta, Selasa, 22 Desember 2009.

Motivasi itu tidak hanya membawa Soleh yang pernah menjadi anggota TNI Angkatan Laut ini menjadi salah satu instruktur para Banser muda, tetapi juga membawa pria yang sekarang menjadi Wakil Kepala Provost Banser di Jakarta Pusat ini dalam sejumlah tugas, termasuk pengamanan Natal dan Tahun Baru. Dia pernah ikut mengamankan Natal di Jatinegara, Cililitan, dan Cawang.


Tahun ini, Soleh juga akan berkeliling memantau anggota Banser lainnya yang mengamankan perayaan Natal di beberapa tempat pada tanggal 24 Desember 2009 hingga 2 Januari 2010. Ini membuat dia harus kehilangan sebagian waktunya untuk keluarga.

Keluarga sudah tahu dan bangga dengan yang saya lakukan. Bagi saya, ikut mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru berarti ikut menghormati pemeluk agama lain. Bangsa ini bangsa yang plural, terdiri dari banyak suku dan agama. Kita harus bisa menjaga harmonisasi kerukunan itu, satu di antaranya lewat momentum Natal,” ujar Soleh yang lahir pada 31 Desember 1945 ini.

Menjadi anggota Banser, lanjut Soleh, juga bukan untuk gagah-gagahan, melainkan harus tetap mengedepankan semangat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. ”Kerukunan antarumat beragama akan terasa indah bila selalu terjaga. Kerukunan itu juga modal bangsa ini untuk maju,” kata Soleh.

23 Desember 2009
———————————–

(Sumber: Kompas Cetak)

About -dN5
Here I am........

6 Responses to Indahnya Kerukunan dan Kebersamaan…

  1. nez says:

    sungguh indah…..
    seharusnya begitu y negeriku……

  2. mushodiq says:

    Terima kasih pak Soleh atas pengabdiannya, dimanapun kapanpun adalah kewajiban kita sebagai warga negara wajib hukumnya untuk menjaga kerukunan antar umat beragama khususnya dan perdamaian bangsa ini.

  3. lin says:

    semoga bukan hanya hiasan di negeri ini yaa….
    kasihan bila domain agama dimasuki wilayah politik…..
    jadinya ya perpecahan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: