Enaknya Jadi Koruptor… Penjara pun Jadi Istana…

Jangan terkejut bila melihat foto di atas… Itu bukan kamar tidur, tetapi ruang tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pondok Bambu, Jakarta Timur – tempat tahanan kasus korupsi terpidana suap jaksa Urip Tri Gunawan – Artalyta Suryani atau lebih dikenal dikenal dengan Ayin. Foto diambil saat inspeksi mendadak, Satuan Tugas (Satgas) Pemberantasan Mafia Hukum menemukan fasilitas mewah di ruang tahanan Artalyta, Ines, Erry, Darmawati Dareho terpidana kasus KPK dan Aling.


Ruangan tahanan ini sungguh tidak bisa dibayangkan seperti ruang penjara yang kita bayangkan saat ini, Artalyta misalnya mendapat ruangan terpisah dengan tahanan lain dengan fasilitas mewah… Ahaaa……. Di dalam ruangannya yang besar itu, terdapat tempat tidur mewah, kulkas, pendingin ruangan (AC), meja kantor, kulkas, televisi dinding layar datar 14 inchi, stereo set lengkap, fasilitas kosmetik wajah bahkan kelengkapan lainnya layaknya di sebuah rumah tangga lainnya.
Di bagian lain dari LP ini, Tim Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum juga menemukan Aling, terpidana kasus narkotika, bahkan memiliki fasilitas karaoke, televisi, dan ruang lebih besar…..🙂

Seusai melakukan inspeksi mendadak Satgas Mafia Hukum akan segera memberi rekomendasi perbaikan Lembaga Pemasyarakatan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Patrialis Akbar, demikian disampaikan oleh Mas Achmad Santosa – salah seorang anggota Satgas, Senin 11 Januari 2010.

Ini momentum tepat untuk perbaikan Lapas,” ujar Mas Achmad Santosa yang akrab disapa Ota tersebut…

Iya deh… Apakah mau membuat ruang tahanan model seperti ini Pak..?? Hanya karena inspeksi ini kemudian menimbulkan pertanyaan.., apakah begitu perlakuan kepada tahanan tertentu, sementara tahanan lain harus berdesak-desakan, bahkan berdiri pun sulit… Kayaknya susah deh memahami apa yang ada dibenak mereka… Maksudnya mau membuat ruang tahanan seperti di atas? Terinspirasi oleh Ayin…?? Atau sebagai sikap permissif terhadap perbedaan perlakuan kepada para tahanan seperti yang dilakukan selama ini…?? Pemanis bibir, konsumsi publik atau… Ayooo… Mau komentar apa..?? Cape dueehh…… Okelah… Kalau beg.. beg.. begitu…..

Menurut Ota selanjutnya, sesudah heboh pasca sidak yang dilakukan tersebut, Satgas menerima banyak informasi mengenai keadaan di Rutan dan Lapas (penjara – istilah yang sudah tidak digunakan lagi) lainnya di Indonesia…

Ini perlu diinvestigasi mengenai siapa yang harus bertanggung jawab,” tegas Ota.

Sungguh ironi (lagi) di negeri kita, tahanan kasus korupsi memasuki Lapas yang juga sarat korupsi…..😦

(Diolah dari berbagai sumber)

About -dN5
Here I am........

5 Responses to Enaknya Jadi Koruptor… Penjara pun Jadi Istana…

  1. Ayu says:

    maksudnya kita diminta jd koruptor jg….??
    g deh yaa….😦

  2. Ini kan sudah cerita lama… masa sih gak tau (pura2 gak tau..)… cuma yg sekarang (pejabat) membuat suatu terobosan yg (mungkin) supaya dilihat masyarakat… Atau bisa jadi mengalihkan atas sesuatu yg lagi banyak dibicarakan…
    Tapi apa pun itu… Kejadian ini gak boleh terulang lagi di masa yad…

  3. Pingback: Oohh.. Anggodo… Akhirnya ke Bui Juga… « Stories From The Road… SFTR

  4. Pingback: Opera Semalam « Stories From The Road… SFTR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: