Ooohh Anggodo… Ke Bui Juga Rupanya…

Setelah bulan-bulan akhir 2009 kita diramaikan dengan berita kasus kriminalisasi KPK yang lebih dikenal dengan istilah “Cicak vs Buaya” yang membuat nama Anggodo menjadi terkenal…, adik buronan KPK dalam kasus korupsi PT Masaro pada proyek pengadaan Sistem Radio Komunikasi Departemen Pertanian, Anggoro Widjojo, kemudian nama Anggodo menjadi terkenal ketika Mahkamah Konstitusi memperdengarkan rekaman pembicaraannya dengan beberapa aparat hukum terkait. Publik menjadi sangat jengkel dengan keterlibatan Anggodo dalam memperkeruh proses penyelidikan yang dilakukan KPK terhadap kasus PT Masaro di atas.

Tuntutan publik akhirnya terpenuhi setelah kemarin malam, jam 18.30 wib Anggodo langsung dibawa dengan mobil milik KPK ke Rutan Cipinang demikian pemberitaan secara langsung dari sebuah televisi berita, TVOne dan statusnya pun kemudian ditetapkan sebagai tersangka.


Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi, di Jakarta, Kamis, 14 Januari 2010 sore, Anggodo diduga melanggar tiga pasal dalam Undang-Undang (UU) 31 Tahun 1999 tentang Tipikor. Pertama, Pasal 15 yang menyebutkan tentang upaya melakukan percobaan, pembantuan, atau pemufakatan jahat untuk melakukan korupsi dengan ancaman penjara seumur hidup.

Anggodo juga dijerat dengan Pasal 21 tentang mencegah, merintangi, atau menggagalkan penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan tipikor dengan ancaman penjara maksimal 12 tahun dan minimal 3 tahun. Selain itu, dia juga dijerat dengan Pasal 53 dan Pasal 55 KUHP.

Bila kita melihat politik pencitraan pemerintah saat ini, akhirnya kasus Anggodo mau tidak mau mendapat pemenuhan dengan penahanannya ini… Memang selama ini, sebelum penahanannya kesan kuat menunjukkan sesuatu yang melenceng dalam menilai kinerja pemerintahan selama ini.., paling tidak dalam hal penegakan hukum..

Rekaman Pembicaraan
Anggodo yang terkenal karena rekaman percakapannya tersebut, yang diperdengarkan kepada publik di di Mahkamah Konstitusi (MK) tanggal 3 November 2009 lalu.

Dan.. Barangkali terinspirasi oleh dibukanya rekaman pembicaraan Anggodo di MK, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara khusus mencanangkan program ganyang mafia hukum.., humm….. diikuti pembentukan satuan tugas khusus – Satuan Tugas Khusus Pemberantasan Mafia Hukum – atas saran dari Tim 8 yang diketuai oleh Adnan Buyung Nasution terkait kasus KPK di atas..

Yang menarik salah satu temuan terbaru dari satuan tugas khusus ini adalah terkuaknya kasus terkait Ayin atau Artalita Suryani yang mendapat fasilitas super mewah pada Lapas Wanita Pondok Bambu… Begitu pula dengan Anggodo…, hingga kasusnya diserahkan dari kepolisian kepada KPK, aparat ‘belum’ menemukan tuduhan yang layak dikenakan kepadanya. Anggodo pasti bisa saja diduga memiliki ‘keistimewaan’ tertentu di mata Presiden.. Publik tentu merasa terusik nurani keadilannya, sehingga bertanya-tanya…

Yaaa…. Akhirnya setelah masa keistimewaan berlangsung beberapa lama…, KPK menyatakannya sebagai tersangka – melalui 3 tahapan pemanggilan dan penyelidikan.., Anggodo Widjojo kemarin malam ditahan di LP Cipinang, Jakarta Timur…

Marilah kita lihat kemana ini semua berakhir….. Selamat Datang di tempat baru, Anggodo…!

(Dari berbagai sumber, Foto kompas/Dhoni Setiawan)

About -dN5
Here I am........

6 Responses to Ooohh Anggodo… Ke Bui Juga Rupanya…

  1. Shanti L. says:

    Akirnya yaa….. Hihihi….

  2. anamontana says:

    klo orang terlalu pintar ngomong da aja alasannya, tapi ujung2nya masuk juga….. he…

  3. Semoga hukum bisa “berbicara” setelah lama seolah-olah dibungkam..

    • -dN5 says:

      Itulah Mas…. Hukum di negeri kita menunggu kepastian dan keadilan…… Dengan hukum lah negeri kita terjamin mencapai cita-cita bersama… Salam !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: