Gempa Haiti… Apakah Kita Tahu dan Peduli…??

Bangsa kita sungguh memahami bagaimana sakitnya penderitaan akibat bencana. Pada tanggal 26 Desember 2004, terjadi gempa bumi dahsyat di Samudra Hindia, lepas pantai barat Aceh yang kemudian menimbulkan tsunami dan lihatlah bagaimana penderitaan yang melanda rakyat Aceh kala itu, yang menewaskan sekitar 200.000 orang. Penderitaan yang menimpa negeri kita setelah tsunami ini bukannya berhenti, berturut-turut kemudian bencana dahsyat di berbagai daerah di negeri kita, dan yang terakhir kita menyaksikan gempa Padang, Sumatera Barat, dan sekitarnya, pada tahun 2009.

Bencana yang datang silih berganti di negeri kita bukan berarti kita menutup mata akan bencana yang terjadi di negara lain. Negeri kita pun sebenarnya bukan tidak memiliki banyak permasalahan, baik itu masalah ekonomi, yang belum menjangkau banyak saudara-saudara kita yang kurang beruntung akibat kemiskinan struktural.


Masalah lain yang juga menguras energi bangsa kita, misalnya kasus bernuansa hukum dan politik, seperti kasus Prita Mulyasari, seorang ibu rumah tangga, karena dianggap mencemarkan nama baik sebuah rumah sakit, kemudian kasus yang menimpa Bibit-Chandra yang dikenal dengan jargon “Cicak vs Buaya”. Belum lagi kita bisa menarik nafas, kemudian di akhir tahun 2009, bangsa kita diramaikan dengan kasus Bank Century dan diikuti dengan dibentuknya Pansus Hak Angket DPR untuk menyelidiki temuan BPK akan adanya penyalahgunaan wewenang dan penyelewengan dana talangan akibat bail out yang dianggap fantastis mencapai nilai 6.7 trilyun.

Hampir 2 minggu terakhir ini, tepatnya saat gempa tersebut datang, berkekuatan 7 skala Richter tanggal 12 Januari 2010, kita melihat berita melalui media massa tentang dampak kehancuran gempa di Haiti, Karibia, dan hal ini menimbulkan pertanyaan di benak orang-orang adalah “apakah kita bisa membantu dan bagaimana caranya?” Banyak sekali korban terkena dampak, ribuan mati, dan situasi hidup sulit bagi korban yang selamat, sungguh bencana kemanusiaan dan apakah kita akan meresponnya…

Kekuatan gempa itu sangat dahsyat. Ibu kota Port-au-Prince termasuk salah satu yang porak-poranda. Kerugian harta benda tidak sedikit. Bencana itu telah menimbulkan kematian luar biasa, berita terbaru sekitar 120.000 orang tewas, dan lebih banyak lagi yang cedera. Korban-korban malang ini tentu akan terus bertambah…

Haiti berpenduduk sekitar 10 juta jiwa sudah menderita hebat oleh kemiskinan dan kesenjangan sosial. Kemiskinan disebabkan oleh salah kelola pemerintahan dan perilaku kekuasaan yang sangat korup. Haiti termasuk negeri paling miskin di kawasan Karibia. Krisis ekonomi yang bersifat laten dan kronis berjalan paralel dan tumpang tindih dengan kekacauan sosial ekonomi, belum lagi kekacauan yang disebabkan oleh merebaknya premanisme…

Sebuah situs milik Bill Gates, http://www.gatesnotes.com yang kita kenal sebagai pemilik produk teknologi informasi terkenal, Microsoft dan orang terkaya di dunia, melalui Yayasannya, Bill & Melinda Gates Foundation menulis pada situsnya tersebut, agar kita turut perduli akan korban bencana Haiti ini:

Korban bencana yang berlangsung di Haiti membutuhkan bantuan segera akibat kondisi hidup yang memburuk. Bantuan berkelanjutan akan dibutuhkan untuk membantu orang membangun kembali kehidupan mereka. Mengajak untuk mencari jalan bagaimana Anda bisa membantu.

Berita terakhir tentang bencana Gempa Haiti, pemerintah kita pun telah mengirimkan bantuan, tetapi kita pun bisa menyalurkan bantuan melalui lembaga-lembaga baik pemerintah maupun non pemerintah. Solidaritas dan harapan pada bantuan masyarakat dan lembaga internasional sangat besar dalam membantu meringankan penderitaan masyarakat Haiti..

Tim bantuan dan pertolongan dunia internasional terus bekerja keras, mencari para korban yang mungkin masih selamat di bawah puing reruntuhan bangunan, mereka terus bekerja karena ada saja yang selamat meski korban sudah 11 hari berada di bawah reruntuhan bangunan.

Memang kebutuhan mendesak saat ini adalah membantu korban bencana membangun kembali kehidupan mereka.

Peristiwa alam seperti gempa Haiti ini memperlihatkan betapa dahsyatnya kekuatan alam dan kita menjadi tak berdaya. Dan terlebih penting lagi, kesadaran akan lingkungan hidup dan kecintaan pada alam yang selama ini mungkin sering diabaikan baik oleh kita dalam kehidupan sehari-hari, perilaku mengeksploitasi alam yang tak terjaga, yang pada akhirnya sang alam membalas dan menjadi sumber bencana, yang sering bahkan mematikan…

(Dari berbagai sumber)

About -dN5
Here I am........

8 Responses to Gempa Haiti… Apakah Kita Tahu dan Peduli…??

  1. nez says:

    kita turut prihatin dan peduli… cuman mw bantu kemana ya….

    • -dN5 says:

      Ini dikelola oleh pemerintah Nez…. memang negeri yang jauh, barangkali hal itu yang membuat luput dari perhatian media dan masyarakat luas…..

  2. rani says:

    sedih juga yaa…. mudah2an ada pihak yg berwenang membantu….

  3. ari says:

    prihatin aaah…

  4. Pingback: Bill Gates Sudah Tak Terkaya Lagi… « Stories From The Road… SFTR

  5. Pingback: Tsunami, Wooww… Jepang Memang Memukau! « Stories From The Road… SFTR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: