Walaahh… SBY ber- IPK 0.94…

Kamis ini demonstrasi besar-besaran dari berbagai elemen masyarakat dan mahasiswa yang mengkritisi 100 Hari Kabinet Indonesia Bersatu II berlangsung meriah di berbagai kota besar di Indonesia, khususnya di Jakarta pendemo diperkirakan mencapai 10 ribu orang. Berbagai macam spanduk terlihat diusung oleh mereka… Sasaran tembak para demonstran memang ditujukan pada ketidakpuasan mereka pada kepemimpinan SBY, presiden saat ini.

Bila melihat secara langsung suasana unjuk rasa ini memang terlihat aroma panas dan terwakili pada yell-yell mereka… Para demonstran terus berteriak dalam unjuk rasa mengkritisi kegagalan 100 Hari Pemerintahan SBY-Boediono pada aksi 28 Januari 2010 ini.

Dari berbagai spanduk yang dibawa ada suatu yang unik barangkali dan bernuansa suasana kampus… Hahaha…… Mereka rupanya kelompok mahasiswa dari ITB Bandung, diwakili oleh KM ITB yang berangkat subuh dari Bandung, sekitar jam 3 – 4 pagi menumpang bus antar kota. Ide yang tertuang dalam spanduk mereka, Presiden Yudhoyono disamakan sebagai seorang mahasiswa bernama Susilo Bambang Yudhoyono yang mendapat rapor dari kampusnya… Menarik juga bila melihat ungkapan protes model seperti ini…🙂


Model ungkapan protes seperti ini juga dilakukan oleh ICW (Indonesia Corruption Watch) yang memberi rapor merah ICW melalui Koordinatornya, Danang Widoyoko dan meminta “Presiden” agar bekerja lebih serius lagi dan jangan terlalu banyak berpidato dan menciptakan lagu… Hal senada juga dari Yogyakarta, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia atau BEM SI memberikan rapor merah dan menolak klaim keberhasilan 100 hari pemerintahan SBY.

Kita mengetahui bila di awal semester untuk memulai perkuliahan, seorang mahasiswa akan mengisi FRS (Formulir Rencana Studi) atau KRS (Kartu Rencana Studi) yang berisi rencana mata kuliah yang akan diambil pada semester berjalan, kemudian dimintakan persetujuan pada Dosen Pembimbing si mahasiswa bersangkutan dan kemudian barulah si mahasiswa syah dan diijinkan mengikuti perkuliahan. Kemudian di akhir semester prestasi mahasiswa akan dinilai berdasar nilai yang diperoleh dari setiap mata kuliah sesuai besar kredit (SKS – satuan kredit semester) yang menyatakan bobot matakuliah tersebut. Ini dinyatakan dalam IP (Indeks Prestasi) dan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) melalui perhitungan sedemikian rupa yang menunjukkan prestasi akademik si mahasiswa.

Lebih jauh… mau tahu mata kuliah apa saja yang diikutinya..??

Data Kemajuan Studi Mahasiswa
Nama: Susilo Bambang Yudhoyono
NIM: 20102009
Alamat: Puri Cikeas

Mata kuliah
Pengelolaan Hukum (4 SKS), nilai E
Ekonomi dan Keuangan Negara (4 SKS), nilai D
Kesehatan Masyarakat (3 SKS), nilai D
Pendidikan Berbangsa (3 SKS), nilai D
Manajemen Pangan Nasional (2 SKS), nilai D
Pengelolaan Lingkungan (2 SKS), nilai D
Jumlah SKS: 18
IP: 0,94
IPK: 0,94

Bisa dibayangkan saat menjadi mahasiswa dulu, bila mendapat IP di bawah 2.5 – 3 rasanya sedih dan kepala berdenyut-denyut, apalagi IP 0.94… Absurd….. Rasa malu bila dihadapan teman-teman kuliah lainnya… Romantisme kala menjadi mahasiswa memang memiliki aura tersendiri, disadari bila IP menurun, berarti saat untuk mengevaluasi diri dan perlu belajar lebih keras lagi, karena memang bisa jadi saat IP turun, si mahasiswa terlalu aktif mengikuti kegiatan aktivis atau ikut kegiatan lain di kampus yang beragam atau juga mengikuti kegiatan di luar kampus, termasuk berpacaran… Hahaha…. saat gelora usia muda menguasai…

Ada-ada saja, sungguh analogi yang menarik…..!

(Dari berbagai sumber)

About -dN5
Here I am........

4 Responses to Walaahh… SBY ber- IPK 0.94…

  1. dewi says:

    Ini baru report yang seru! Demo bawa-bawa IPK hahahahahaha…ide yang yahuuud

  2. Ari says:

    dosen nya pelit nilai tuh.. Hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: