Gempa Lagi.. Kepanikan di Aceh…

Warga Panik GempaSeorang teman di Medan menuliskan bagaimana rasa panik dirinya dan keluarga saat merasakan dampak gempa yang terjadi hari Rabu pagi tadi di situs pertemanan facebook, saat kota Medan terkena goyangan gempa yang melanda Aceh sebesar 7.8 SR (Skala Richter), sementara sumber lain mengatakan besarnya gempa 7.2 SR. Otomatis berita yang disampaikannya langsung mendapat ragam tanggapan, yang lebih repot lagi ia menceritakan saat itu kota Medan juga sedang mengalami mati lampu, alias pemadaman listrik PLN – yang sudah merupakan pemandangan biasa juga bagi warga kota Medan dan sekitarnya. Sungguh yang ada adalah kecemasannya beserta keluarga…😦


Aku segera menyalakan televisi untuk melihat berita gempa tersebut, ternyata benar adanya… Mengutip berita dari situs kompas online telah terjadi gempa berkekuatan 7,8 Skala Richter mengguncang Pulau Sinabang, Nanggroe Aceh Darussalam pada hari Rabu pagi, 7 April 2010 pukul 05.15. Gempa yang berpusat 204 kilometer barat laut Sibolga ini berada di lokasi 2,30 derajat Lintang Utara dan 96,87 derajat Bujur Timur, sekitar 75 km tenggara Sinabang, dengan kedalaman 34 km.

Gempa Sinabang - AcehGempa berkekuatan 7,8 SR, yang sebelumnya dilaporkan berkekuatan 7,6 SR dan mengguncang Pulau Sinabang, NAD, ini dilaporkan berpotensi tsunami, walau kemudian segera direvisi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sekitar pukul 07.05, mencabut status potensi kemungkinan terjadi tsunami menyusul gempa tersebut.

Dapat dimengerti bila kepanikan menimpa warga disana, terutama yang berada kurang dari 3 km dari pesisir pantai, seperti di kawasan Lampulo, Kajhu, Cadek, Ulee Lheue dan Lhoknga, beberapa saat setelah gempa berkekuatan 7,2 skala Richter yang terjadi sekitar pukul 05.15, langsung berupaya menyelamatkan diri dan mengungsi ke tempat yang lebih aman. Bayangan pahit gempa Aceh dan tsunami nan mengerikan sebelumnya langsung tergambar di wajah para penduduk…

Gempa ini langsung terasa di berbagai daerah yang berbatasan dengan Provinsi Aceh, antara lain Medan sekitarnya, Riau dan bahkan terasa sampai negara tetangga Malaysia dan Thailand.

Getarannya sangat kuat, perabotan sampai bergoyang hebat, tapi memang tidak sampai berjatuhan ke lantai,” ujar Susan, warga Binjai yang bersama suami dan tiga anaknya juga lari keluar rumah ketika gempa terjadi.

Kita berharap semoga dampak gempa kali ini, walau trauma gempa Aceh sebelumnya belum hilang dari ingatan dapat diatasi bersama baik pemerintah dan masyarakat.

(Sumber kompas.com, Foto kompas/wordpress.com dan Serambi Indonesia/Dedi Iskandar)

About -dN5
Here I am........

5 Responses to Gempa Lagi.. Kepanikan di Aceh…

  1. jun says:

    Semoga tidak jatuh banyak korban yaa…

  2. rinie says:

    prihatin…

  3. Pingback: 7.2 SR… Aduuuhh… Gempa lagi di Aceh… « Stories From The Road… SFTR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: