Susno Duadji Ditangkap… Waduuhh…………

Susno usai ditangkapSenin malam, 12 April 2010 sekitar jam 9-an aku membuka situs pertemanan facebook, seperti biasa membaca update status teman-teman… Tetapi ada update status yang langsung menarik perhatian, karena terjadi berulang-ulang, yaitu tentang penangkapan tokoh yang sedang populer saat ini, Susno Duadji.

Sebelumnya aku sudah tahu berita ini dari beberapa siaran “Breaking News” televisi, tetapi tidak menyangka bila penangkapan atas tokoh ini menjadi top update news di situs pertemanan facebook, kucoba buka accountku juga di twitter, ternyata sama, berita penangkapan ini langsung meluas juga di situs ini.


Sebuah update news seorang teman, Helena, “Kemana etika mau dibawa, klo aparat bertindak semaunya? Hahh….sedih lht bangsaku..“, sementara teman lain bahkan mengutip sebuah pemberitaan di detiknews.com terkait penangkapan Susno ini sembari mengisi status updatenya, “Kalau begini ya siap siaplah….” tanpa menjelaskan maksudnya lebih jauh tentang pernyataannya tersebut…

Aku mencoba mengutip berita lain di kompas online, 12 April 2010 malam, bahwa “Sejuta Facebookers Dukung Susno Duadji“, dimana salah satu komentar yang tercatat di situs pertemanan tersebut, dapat disajikan disini..

Woi! Pak Presiden! Punya televisi gak? Pernah lihat berita gak? Tuh liat! Orang yang bener malah dijemput paksa sama Propam! Itu Susno Duaji! Jendral bintang tiga. Masa kayak menangkap rampok saja! Susno itu butuh dilindungi. Presiden punya kuasa penuh, Kalo semau lembaga negara memusuhi, siapa yang bisa melindungi? DPR juga mental. Ayolah! Apa kata masyarakat nanti,” ungkap Galuh Sulistyaning dalam wall diskusi “Sejuta Dukungan untuk Susno Duadji Mereformasi Polri“, Senin malam tadi.

SusnoDukungan lain, para facebookers juga memberikan doa kepada Susno Duadji, “Tenang Pak Susno kebenaran pasti akan terungkap, doa masyarakat pasti selalu menyertaimu. Amin,” kata seorang pendukung Susno.

Bahkan dukungan buat Susno ini terus mengalir tampaknya, hal ini terkait keberanian Susno membongkar borok di tubuh Polri, kejaksaan, hingga institusi kehakiman.

Iya itu adalah gambaran kepedulian masyarakat kita tentang kasus penangkapan Susno Duadji ini, terlihat nada marah, jengkel, cemas dan lain-lain menyertainya.

Penangkapan mantan Kabareskrim Komjen Susno Duadji ini oleh Propam Mabes Polri di Terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat akan check up kesehatannya ke Singapura, Senin siang memang langsung mendapat reaksi dari masyarakat. Menurut Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Edward Aritonang mengatakan di Jakarta, Senin malam, karena Susno sudah sering melanggar etika dan disiplin Polri. “Kita sudah meminta Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadivpropam) untuk mempercepat sidang sebab dia sudah hampir sepuluh kali melakukan pelanggaran dan disiplin.

Lebih lanjut ia mengatakan, ada indikasi kuat Susno melanggar PP No 2 tahun 2003 tentang disiplin anggota Polri. “PP No 2 tahun 2003 itu tidak hanya berlaku untuk pak Susno tetapi juga siapa saja anggota Polri,” kata Aritonang.

Dapat diduga bila Kuasa Hukum Komjen Susno Duadji, Henry Yosodiningrat, menyayangkan sikap Polri yang melakukan penangkapan terhadap kliennya tanpa pemberitahuan.

Alasan penangkapan sampai saat ini masih simpang siur. Ada yang bilang melangggar kode etik, pelanggaran disiplin. Saya melihat adanya kejanggalan. Kalau mau berobat ke luar negeri tanpa izin, apa perlu ditangkap? Apa tidak bisa ditunggu sampai selesai berobat?” ujar Henry seperti dikutip dari situs kompas online.

Melihat ragam tanggapan dari masyarakat ini, wajar bila kita menjadi prihatin, apakah ini akan menjadi presedens, alangkah mengerikannya negeri kita bila kembali ke zaman lalu, dimana orang menjadi merasa tidak nyaman lagi tinggal di negerinya sendiri. Siapa saja bisa ditangkap tanpa ada bukti pelanggaran pidana permulaan yang cukup.

Susno setelah pemeriksaanSaat artikel ini ditulis, sekitar jam 2230 Senin malam, melalui pemberitaan sebuah televisi berita MetroTV, pada acara “Metro Malam” Susno akhirnya dibebaskan setelah melalui pemeriksaan selama kurang lebih 4 jam. Tapi yang mengenaskan, MetroTV sempat menyiarkan rekaman detik-detik penangkapan pak Susno ini di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta, dan amat sangat terlihat sikap perlawanan darinya, karena keberatan atas penangkapan dirinya tersebut.

Aaahh…. Kenapa jadi begini yaa…??

(Berbagai sumber, kompas.com. detiknews.com, facebook.com, twitter.com, Photo kompas/Dhoni Setiawan dan Ratih P Sudarsono)

About -dN5
Here I am........

11 Responses to Susno Duadji Ditangkap… Waduuhh…………

  1. jun says:

    Jangan menyerah pak Susno….!!

  2. Pingback: Mengapa Devi Sartika Bersedia di-foto Topless…?? « Hari-hariku setelah kemarin…..

  3. The Winner says:

    Yah..ku rasa emang menyedihkan bangsa ini..
    Belum juga kasusnya terungkap benar tidaknya pelaporan Pak Susno.. Harusnya usut dulu dong, ungkap smua kebenaran atas laporannya. Klo emng laporan itu ga ada bukti, dan itu merupakan fitnah baru tuh Pak Susno ditangkap ‘n dihukum..

    Ini membuktikan bahwa di tubuh pemerintah kita belum bisa menerima adanya perubahan, untuk membenahi diri menjadi institusi yang di berwibawa dan disegani.. Apa tidak sadar bahwa citra Polisi di mata masyarakat awam hanya ditakuti karena seragamnya, bukan karena oknumnya yg berwibawa..??

    • -dN5 says:

      Itulah mas Winner… Yang kita takutkan nanti masyarakat menjadi apatis dan tidak peduli dengan pemerintahnya, dan lebih parah dengan kemajuan negerinya….

      Pak Susno di akhir masa kerjanya sebelum pensiun sebenarnya ingin memberikan sesuatu yang berarti, tetapi rupanya resistensi dari dalam sangat kuat…. Kemana dibawa negeri kita….??

  4. Franz says:

    Yang terjadi sebenarnya…….. “Jeruk makan Jeruk”………. Alias pembagian uang haram tidak merata atau tidak seperti yang diharapkan…….. Akhirnya “Lagu didendangkan”………

    Kita hanya jadi pemerhati budiman………..

    • -dN5 says:

      Ya mas Franz…🙂 ..Kita sebenarnya cukup mengerti dengan apa yang terjadi, tinggal sekarang apa ada keseriusan dari pihak berwenang untuk membuat masalah ini menjadi ‘jelas’…
      Semoga…🙂

  5. wanto says:

    Ayoo….. Bapak Susno maju terus, kebenaran itu pahit tapi saya yakin bapak akan mendapatkan hikmah nya… dan hasil nyata sudah di depan, maju terus brantas orang2 yg mementingkan diri sediri………

  6. Pingback: Susno Duadji Tersangka dan Ditahan..? « Stories From The Road… SFTR

  7. Pingback: WikLeaks, Era Informasi Baru? « Stories From The Road… SFTR

  8. Pingback: WikiLeaks, Era Informasi Baru? « Stories From The Road… SFTR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: