IkLan Seks di Microsoft Kin…?

Gara-gara video klip yang diposting di situs Kin Microsoft beberapa hari lalu, kemudian dapat juga dilihat di situs YouTube, raksasa software Microsoft mendapat sorotan berbagai pihak, terutama Lembaga Konsumen di Amerika, Consumer Reports, organisasi semacam Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Lembaga ini mengatakan bahwa hal itu “comes uncomfortably close to advocating sexting.” – Kritikan yang menggambarkan sebuah promosi seks yang digambarkan pada video klip tersebut.


Video klip ini menunjukkan sekumpulan anak muda yang menari bebas sepanjang 60 detik dan untuk menunjukkan kecintaan pada musik di sebuah ruangan pesta klub pribadi.

Kami telah mendapatkan masukan bahwa salah satu video gaya hidup yang ditampilkan di Kin.com mengandung adegan yang tidak sesuai dengan semangat yang diinginkan. Jadi, setelah dipertimbangkan, kami menyadarinya dan telah mencabutnya dari klip,” ujar juru bicara Microsoft.

Benar, Microsoft memang sedang mengembangkan sebuah produk mereka yang terbaru, telepon seluler bagi kaum muda usia yang berkoneksi langsung dengan situs-situs berjejaring sosial pertemanan, seperti Facebook, Twitter dan Multiply. Bekerjasama dengan perusahaan Jepang, Sharp, produk tersebut adalah Kin. Dalam rangka promosi produk ini kemudian dalam iklannya berupa video klip yang ditayangkan di situs Kin, mendapat sorotan.

Menurut laporan lembaga konsumen tersebut, iklan ini dianggap mengajarkan seks secara terbuka kepada anak-anak muda. Dalam salah satu adegan, seorang laki-laki memasukkan ponsel tersebut ke dalam bajunya dalam tayangan sekitar 10 detik dan memotret bagian dadanya untuk dikirimkan kepada teman perempuannya…😉

Memang Microsoft bisa saja berkilah dan mengabaikan, bahwa lembaga Consumer Reports bersikap puritan, tetapi bila dilihat target pasar produk ini adalah kalangan muda usia dengan rata-rata seusia 15 tahunan ke atas, usia yang menjadi titik kekhawatiran karena kegiatan sexting (saling berkirim pesan dan konten berbau seks) menjadi masalah sosial di sana saat ini.

Apakah iklan ini terlalu jauh dan tak pantas? Atau hanya sekedar reaksi dan tidak berdampak (sosial) apa-apa ketimbang masalah lainnya?

(Sumber kompas.com, pcworld.com, Video source from pcworld.com as player embedded on Youtube.com)

About -dN5
Here I am........

4 Responses to IkLan Seks di Microsoft Kin…?

  1. rini says:

    sebenarnya ga apa2 juga siyy… enjoy aja….😉

  2. Shanti L. says:

    Keren qo iklan’y……. Cool…… ;p

  3. Pingback: Windows 8, Coming Soon! Wooowww… « Stories From The Road… SFTR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: