Jalan Raya Porong… Berbahaya…

Jalan Raya PorongRupanya derita bagi penduduk sekitar kawasan semburan Lumpur Lapindo belum juga dapat dikatakan usai. Saat ini ada semburan lumpur baru di areal sekitar kawasan eksplorasi PT Lapindo Brantas di sebelah timur Jalan Raya Porong yang kini sudah mengeluarkan material lumpur…

Jalan raya di daerah Siring, Kecamatan Porong, Sidoarjo, dinyatakan berbahaya karena ada semburan gas di beberapa tempat. Gas itu mudah terbakar berada persis di dekat tugu kuning, tepi jalan raya Porong-Gempol sebelah timur.


Hal ini sudah diantisipasi oleh Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) yang menyatakan bahwa kawasan Jalan Raya Porong dalam status kuning (siaga) menyusul makin banyaknya semburan liar gas di wilayah tersebut beberapa hari terakhir dan mengimbau kepada para pengguna jalan (KA, bus, truk, maupun mobil pribadi) agar tidak sembarangan menyalakan korek api atau membuang puntung rokok mengingat semburan tersebut dapat menyulut percikan api dan mudah terbakar.

Saat ini yang menjadi ancaman bagi masyarakat yang melintasinya adalah bubble, tanah ambles, dan air,” ujar Deputi Infrastruktur BPLS, Karyadi di Surabaya, Jumat, 30 April 2010.

Peringatan Dini Lumpur PorongSejalan dengan makin tidak menentunya kondisi di kawasan Porong, BPLS telah mengeluarkan tiga status, yakni kuning (siaga), coklat (awas) dan merah (bahaya) serta memasang memasang papan pengumuman yang memuat indikator gas metana dan ketinggian air di badan Jalan Raya Porong.

Papan pengumuman ukuran 1,5 meter x 3 meter itu dipasang di pintu keluar tol serta Jalan Raya Porong Surabaya-Malang menyampaikan informasi kondisi kegawatan di kawasan Jalan Raya Porong.

Adapun kategori bahaya tersebut, antara lain jika kandungan gas mudah terbakar atau Low Explosive Limit (LEL) yang menyemburkan gas metana melebihi 50 persen dan radius satu kilometer ketinggian air di jalan lebih dari 30 centimeter (tempointeraktif.com, 30 April 2010).

Kategori Awas jika LEL antara 10-50 persen dengan genangan air kurang dari 20 centimeter. Serta kategori Siaga jika kadar LEL kurang dari 10 persen serta genangan air kurang dari 10 persen.

Masih ada 15 titik semburan yang berada di sekitar Jalan Raya Porong yang termasuk kategori aktif. Kandungan LEL gas metana juga berfluktuatif antara 10-100 persen. Untuk itu, selama ini tetap disiagakan petugas dengan perlengkapan pemadam kebakaran untuk menjaga kemungkinan terjadi percikan api di sekitar Jalan Raya Porong.

Kita berharap temuan Tim Kajian Kelayakan Permukiman (TKKP) bahwa tanah sekitar kawasan terdampak lumpur panas, amblas 60 sentimeter dapat segera ditindaklanjuti, dimana atas saran tim dari UNAIR (anggota TKKP) agar jangan sampai ada kemacetan di jalur tersebut karena dikhawatirkan terjadi ledakan akibat permukaan tanah yang terus amblas…

Terlalu sering kita melihat penderitaan warga di sekitar “Lumpur” ini, sejak tahun-tahun yang berlalu dari berbagai pemberitaan di media massa, dimana kasus ganti ruginya saja juga belum tuntas. Semoga tidak ada korban baru disana, apakah tidak sebaiknya jalur ini ditutup dulu…??

(Diolah dari tempointeraktif.com, liputan6.com, mediaindonesia.com, harianbangsa.com, antaranews.com, detik.com, okezone.com, Foto google.com dan TEMPO/Fully Syafi)

About -dN5
Here I am........

9 Responses to Jalan Raya Porong… Berbahaya…

  1. ars_w says:

    bingung aahh… gimana dan kapan selesainya masalah ini….

  2. DvA says:

    wah pasti akan lm sekali untuk menanggulangi masalah ini…
    mungkin kt hanya bisa berdoa dan terus berdoa agar mendapat jln keluar yg baik untuk semuanya…. amin….

  3. tau yah…gak selesai2 ksihan khan penduduknya….hiks

  4. Ali says:

    tapi sampai sekarang masih belum selesai ganti ruginya……….

  5. setyamontana says:

    iya tuh…wah mas ali ngikutin juga toh britanya..heheh..:P

  6. Pingback: Ketika Sang Panglima Dikritik… « Stories From The Road… SFTR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: