7.2 SR… Aduuuhh… Gempa lagi di Aceh…

Gempa Aceh 7.2 SRMinggu siang masih terkantuk-kantuk, aku melihat ada SMS masuk di hapeku, jam 13.13 wib…. Masih temanku di Medan, Sonny W., kembali memberitakan bahwa ada gempa di Aceh, yang kemudian terasa dampaknya di Medan dan sekitarnya…

Aku segera menyalakan komputerku untuk memastikan berita ini, ternyata memang benar, berita di kompas online yang merilis berita dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwa telah terjadi gempa bumi dengan potensi tsunami kembali melanda wilayah Nanggroe Aceh Darussalam, Minggu, 9 Mei 2010 jam 12.59 wib siang berkekuatan 7,2 skala Richter dengan kedalaman 30 kilometer.


Gempa Aceh 7.2 SRLebih jauh BMKG memberitakan lokasi gempa berpusat di 3.61 Lintang Utara dan 95.84 Bujur Timur atau 66 kilometer barat daya Meulaboh, 110 kilometer barat daya Blang Pidie, 126 kilometer barat laut Labuhan Haji, dan 138 kilometer barat laut Sinabang.

Hal yang menarik dari gempa kali ini adalah respon dari situs jejaring sosial twitter, dimana langsung terdapat 3 trending topics menyangkut kejadian gempa ini.

Rupanya partisipasi dan rasa peduli pengguna twitter terhadap gempa ini cukup hebat, terutama bila membaca komentar tweets negara asing yang berlomba mengumumkan fenomena alam ini, selain dari tweets dalam negeri atau pemakai twitter di Indonesia. Misalnya dari BBC London, “A 7.4 magnitude earthquake hits off the coast of Aceh, Indonesia, triggering a tsunami alert,” yang kemudian langsung di-RT oleh tweets sedunia…..

Terkait gempa kali ini, warga terlihat cemas dan berusaha menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi, disebabkan adanya pemberitaan gempa yang berpotensi tsunami seperti dirilis di atas. Kepanikan akhirnya mereda setelah secara resmi BMKG mencabut peringatan ancaman tsunami tersebut. Kendati gelombang laut sempat naik antara hingga 50 sentimeter, yaa… tentu keder juga…😦

Beberapa teman lain di situs facebook segera membuat status update dan mendoakan agar gempa ini dapat diatasi, demikian juga dengan temanku di atas. Sepertinya kejadian gempa yang terus melanda wilayah Sumatera, khususnya Aceh tetap menjadi trauma tersendiri, tidak hanya wilayah Aceh yang merasakannya, tetapi hal yang sama dirasakan pada daerah lain…..

(Sumber BMKG, kompas online, detiknews.com, liputan6.com, Foto liputan6.com, detiknews.com)

About -dN5
Here I am........

4 Responses to 7.2 SR… Aduuuhh… Gempa lagi di Aceh…

  1. trix says:

    Ada korban ga? Semoga ga ada y…?

    • -dN5 says:

      Menurut berita terakhir, korban tidak ada, karena masyarakat disana sudah sangat waspada…. Terimakasih mba…!!

  2. rini says:

    semoga tidak ada korban ya…

  3. emi says:

    semoga yaa….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: