Situs Jejaring Baru ini ‘Fun’ Bangets… Koprol Saingan Twitter???

situs koprolHahaaa…. Ini ada aplikasi jejaring sosial baru buatan negeri kita sendiri dan telah dibeli oleh situs Yahoo di Amrik sana…, namanya Koprol – bisa diakses di alamat http://www.koprol.com dan uniknya aplikasi ini mengidentifikasi orang-orang berdasarkan lokasi orang-orang berada… Menurut pembuatnya, PT SkyEight Indonesia didesain sejak awal, agar saat kita berada di suatu lokasi dapat melihat siapa saja teman atau ‘siapa pun’ disana dan ‘bersedia’ diajak ngobrol atau nge-‘comment‘…… Mulanya siyy agak membingungkan, tetapi lama-lama lucu juga…. Ada ‘fun‘ juga deh…..

Misalnya kita search daerah Palmerah, nanti muncul nih siapa-siapa saja orang yang lagi di Palmerah, mereka ngomong apa,” kata Satya – salah seorang pendiri usaha tersebut mewakili temannya. Pemakai Koprol ‘gila’ nya… secara tidak langsung dapat ngobrol dengan orang yang belum dikenal sama sekali… Hahaa….. Sementara hal menyangkut ‘privacy‘ saat ini justru sedang ramai dibicarakan pada situs jejaring sosial lainnya, facebook…..


Aplikasi Koprol ini rada mirip Twitter deh, karena kita diberi fasilitas follow yang lazim ditemui pada aplikasi twitter. Tetapi ada tambahannya…, yaitu fasilitas Add as Friend – lucu juga jadi ngegabungin fasilitasnya seperti pada facebook juga… Jihaaa……

Kalau situs yang lain kan sama yang berteman, atau yang follow, kalau kita nggak dan… Asyiknya bisa ngobrol sesuai konteks lokasi kita dengan, Siapapun yang bersedia,” tambah Satya…

Koprol ditujukan sebenarnya pada pengguna yang suka mobile – melambangkan dinamika masyarakat kota besar yang mobilitasnya tinggi, sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain, jadi lebih kepada pengguna ponsel dan bukan hanya pengguna smartphone

Mark ZuckerbergApabila Koprol katakanlah menabrak rambu-rambu ke’privasi’an, sementara itu facebook justru sedang mendapat ‘complain‘ dari banyak pengguna jasanya, karena masalah kebijakan pengaturan privasi, seperti yang dikatakan oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg, “Cara orang berpikir soal privasi sedikit mengalami perubahan. Yang dibutuhkan kebanyakan orang bukan lagi privasi yang komplit. Bukan serba rahasia yang mereka inginkan. Mereka hanya butuh mengontrol apa saja yang bisa dibagi dan apa yang tidak,” di situs Telegraph dalam wawancara dengan Time, Jumat, 21 Mei 2010.

Memang orang mengeluhkan pengaturan privasi di facebook karena sering berubah. Facebook juga menerapkan pengaturan privasi opt-out, di mana pengguna harus memilih siapa yang tidak boleh melihat informasi yang ditampilkannya ketimbang pendekatan lebih aman secara opt-in atau untuk siapa konten dibagi.

Lihatlah bagaimana ribuan orang saking jengkelnya dengan kebijaksanaan facebook di atas tentang privasi, sampai-sampai mengancam akan keluar dan menghapus account facebooknya, eeeehhhhh….. Koprol justru menantang pemakai situs jejaringnya untuk justru “membagi” dengan cuma-cuma dan siapa saja boleh masuk nge’comment‘ dan membuka informasi pribadi tentang dirinya…..

Jangan heran, kalau menggunakan situs jejaring sosial pertemanan yang satu ini, tiba-tiba ada entah siapa, teman atau ‘orang tak dikenal’ nyelonong…. Kasih comment di status updates kita…… Hahaa…..

(Berbagai sumber, Foto kompas.com, koprol.com, AP Photo/Marcio Jose Sanchez on Zuckerberg)

Artikel Terkait:
1. Koprol Artinya Menggelinding Alias “Mobile”

About -dN5
Here I am........

4 Responses to Situs Jejaring Baru ini ‘Fun’ Bangets… Koprol Saingan Twitter???

  1. ratih says:

    Iya deh…. aq mau coba deh…. kayaknya siyy oke….

  2. emi says:

    iya…. aku sudah coba….. lucu dan menarik….🙂

  3. Septi Handayani says:

    boleh juga nih…🙂

    • -dN5 says:

      Fiturnya tentang lokasi penggunanya, ternyata sekarang malah mau ditiru sama facebook…..

      Tapi memang asyik qo, Septi…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: