Jengkel Banget… Brasil Kalah….. :(

Netherlands vs BrazilBener deh… Jengkel banget melihat Brasil kalah melawan Belanda, 1 – 2…. Aaarrrggghhh…..

Sebenarnya aku sendiri mendukung dan menggemari permainan cantik kedua kesebelasan dari kedua negara ini… Sejarah persepakbolaan kedua negeri ini tak usah diragukan lagi. Brasil adalah penyandang 5 kali gelar juara dunia sepak bola yang terkenal dengan permainan cantik dari kaki ke kaki melalui operan pendek yang menggiurkan dunia, jogo bonito

Walau di ajang FIFA World Cup 2010 di Afrika Selatan sekali ini mereka lebih cenderung bermain efisien dan nyaris menghilangkan sama sekali permainan dari kaki ke kaki mereka tersebut, seperti yang dikatakan oleh back sayap mereka yang hebat, Douglas Maicon, “Brasil tak butuh bermain indah, tetapi yang lebih penting lagi kami bermain untuk menang. Bila perlu kami akan bermain keras…..


Hal yang sama terlihat pada permainan kesebelasan Belanda, mereka cenderung bermain yang lebih mengutamakan kerjasama tim dan juga hampir tidak ada lagi permainan ala “total football” yang terkenal pernah membawa negeri mereka ke final piala dunia 1974 dan 1978 yang pernah diusung oleh generasi bola pendahulu mereka, legenda hidup Johan Cruyff dan kawan-kawan…

Saat pertandingan mulai aku sudah berpikir, “Waahhh…. Kali ini bukan milik Brasil…” Mengapa? Lihatlah Brasil tidak memakai seragam khas mereka yang istimewa itu, seragam kuning-biru yang selalu membawa keberuntungan di setiap pertandingan mereka, hal ini karena seragam oranye milik tim nasional Belanda nyaris mirip dengan warna seragam kuning Brasil. Dalam technical meeting sehari sebelum pertandingan dimulai saat penentuan seragam tim yang bertanding diputuskan tim nasional Belanda tetap memakai seragam khas mereka… Bukankah itu tanda-tanda awal keberuntungan Belanda?

Benarlah kemudian, ketika gol pada menit ke sepuluh dari Robinho tidaklah menjamin Brasil akan menang, karena terlihat ada sedikit rasa percaya diri berlebihan – ada euphoria disana. Tim ini sejak persiapan memasuki tahapan kualifikasi pun nyaris selalu menang termasuk dalam laga-laga persahabatan dan uji coba, mereka dihinggapi syndrom superioritas, selalu menang… Bandingkan misalnya dengan tim nasional Jerman yang pernah kalah di babak penyisihan, demikian juga dengan tim nasional Spanyol.

Dan saat mereka unggul dalam laga melawan Belanda kompleks psikologi pemain terlihat nyata. Babak pertama memang Brasil bermain dominan, tetapi berkat tekad dan kerja keras terutama koordinasi lapangan tengah tim nasional Belanda di babak kedua langsung berbuah manis

Di kamar ganti saat turun minum, setiap dari kami mengatakan kepada yang lain, ‘Ayo kita berikan semua kemampuan kita,” dan itu yang kami lakukan. Kami berjuang untuk rekan-rekan kami,” ujar Sneijder, play maker tim nasional Belanda.

Yaa… Saat melihat ekspresi wajah Wesley Sneijder dalam laga tersebut, aku teringat pada ekspresi yang sama gigihnya saat ia bersama rekan-rekannya membawa FC Internazionale Milan tim asuhan José Mourinho menjuarai Liga Champions Eropa 2010 bulan Maret lalu.

Carlos DungaKami tidak menyangka hal ini,” kata Dunga – pelatih tim nasional Brasil, yang hanya bisa berdiri diam menyaksikan para pemainnya kalah di lapangan. “Di babak pertama kami mampu bermain lebih baik dan kami tidak mampu mempertahankan ritme di babak kedua.

Hal senada disampaikan oleh striker tim nasional Brasil, Luis Fabiano, menurutnya tim mereka telah mencoba untuk tetap mengontrol permainan, tetapi lawan mampu menetralisir permainan. Belanda bermain agresif dan menguasai lapangan tengah dengan baik.

Brasil harus pulang karena gagal mencapai target juara seperti yang mereka canangkan sejak sebelum piala dunia berlangsung dan hal ini tentu membawa kesedihan mendalam bukan saja bagi pendukungnya yang memadati Nelson Mandela Bay Stadium, Port Elizabeth, tetapi juga penggemarnya di seluruh dunia… Sampai bertemu di Piala Dunia 2014 dimana mereka akan menjadi tuan rumah… Semoga jogo bonito hadir kembali disana…..

(Berbagai sumber kompas.com, Foto Reuters, AFP/Javier Soriano)

About -dN5
Here I am........

4 Responses to Jengkel Banget… Brasil Kalah….. :(

  1. ikhwan says:

    Waah…, Brazil sudah juara 5 kali, masa’ mo juara lagi tahun ini? Pesaing terdekat saja, Italia yang 4 kali, belum lagi 4 tahun akan datang, Brazil juga tuan rumah….. Waah, bisa juara 7 kali tuh… (kalau tahun ini juara ya…!)

    Btw, blog-nya bagus, mas… Hehehe… Mohon berkunjung balik yaaah……….

    • -dN5 says:

      Hahaa… Mas Ikhwan….. Siippp….. Iya juga yaa…… Masak Brasil mau juara terus… Gantian duLu yaa…..🙂

      Beres.. nanti berkunjung ke bLog nya juga…. Pasti…!

  2. Pingback: Don’t Cry for Me Argentina… Tuhan Menjauhimu, Maradona! « Stories From The Road… SFTR

  3. Lyanti says:

    😉 …. Brazilll dipegangin kalle… maka’na kalah… Kaya supporter Belanda dung… mensupport bukan megang.. jd bisa tetap main dan menang… =))…. Go Netherlands… \:d/\:d/\:d/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: