Crop Circle, PSSI dan Nurdin, Makhluk UFO? Cape deh!

Crop circle Berbah, SlemanCrop Circle (lingkaran tanaman) yang ditemukan di Berbah, Sleman, Yogyakarta jelas membuat heboh. Bahkan ada korban seorang mahasiswa yang tewas saat ingin menyaksikannya langsung, karena terperosok di tebing.

Senin, 24 Januari 2011 di sebuah dusun, Rejosari, di areal persawahan terlihat lingkaran misterius (simetris) milik warga setempat. Masyarakat heboh dan berdatanganlah. Rasa penasaran ingin melihat sendiri seperti apa bentuk dari crop circle mengingat ini peristiwa pertama di Indonesia.

Apa siyy emangnya crop circle ini? Lingkaran tanaman (dari bahasa Inggris:Crop circles) adalah suatu pola teratur yang terbentuk secara misterius di area ladang tanaman, seringkali hanya dalam waktu semalam. Pada masa-masa setelahnya, pola-pola tersebut kini cenderung bertambah rumit dan tidak terbatas hanya pada hanya bentuk lingkaran. Namun karena mengacu pada asal-usulnya, maka istilah lingkaran tanaman ini masih dipertahankan (id.wikipedia.org).


Sebuah artikel di harian Kompas, 26 Januari 2011, menulis fenomena serupa terjadi di berbagai belahan dunia, yang terbanyak di Amerika Serikat dan Eropa serta biasanya muncul di ladang gandum. Fenomena seperti itu biasa disebut sebagai crop circle (lingkaran tanaman). Pada abad ke-20 terjadi sekitar 10.000 crop circle, sementara jumlah kasus UFO yang dilaporkan sejak sebelum tahun 1940 hingga sekarang sekitar 550 kasus dengan 434 kasus di antaranya disertai foto (www.ufoevidence.org).

Fenomena yang cukup tua mengingat sudah ditemukannya sekitar tahun 1686, sebuah buku tentang ini dibahas, “A Natural History of Staffordshire” ditulis oleh Prof Robert Polt, profesor kimia di Oxford.

Pertanyaannya ini buatan manusia atau ada ‘kecerdasan lain’ yang membuatnya, sehingga masyarakat cenderung percaya ini sebagai ulah UFO (unidentified flying object).

Benarkah?

crop circle NurdinKita bisa saja berandai-andai disana. Tetapi beberapa ahli, dari LAPAN (Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional) meyakinkan bahwa ini semata-mata ulah manusia, walau dikerjakan dalam waktu yang singkat. Logika mengantarkan kita, bahwa setiap tempat yang akan dibuat sebuah lingkaran cenderung sudah disurvei dulu oleh pembuatnya. Perdebatan tentu akan berjalan panjang, mengingat selalu ada yang berpandangan berbeda. Ya, silahkan saja. Tak ada yang melarang.

Masih nggak percaya? Hahahaa… daripada diajak serius, cobalah lihat gambar berikut, kalau ini sungguh-sungguh buatan manusia, percayalah… Lagi pula rutinitas kita sehari-hari perlu juga menikmati kreasi seperti ini, sungguh menarik melihat hasil rekayasa buatan yang tujuannya sebagai karya seni, komersial, maupun hanya katakanlah sebagai lelucon.

Crop circle berikut lebih merupakan ungkapan kekecewaan masyarakat terhadap sepakbola nasional (PSSI) di bawah kepengurusan Nurdin Halid yang tak juga kunjung menunjukkan titik cahaya. Masyarakat kita begitu kreatif, sehingga hal yang sedang ramai dibicarakan pun tidak luput terimbas fenomena lingkaran tanaman ini.

Ya, memang UFO pun sudah jengkel dengan sepak bola Indonesia bukan? Nurdin Halid sebagai Ketua Umum PSSI tak juga kunjung turun, sementara Soeharto saja bisa diturunkan. Atau jangan-jangan Nurdin ini sejenis makhluk UFO?

(Berbagai sumber, Kompas, wikipedia.org, Foto google.com, Kompas/Ferganata Indra Riatmoko)

About -dN5
Here I am........

One Response to Crop Circle, PSSI dan Nurdin, Makhluk UFO? Cape deh!

  1. Pingback: Harta Karun dan Kapal Tua di Banyuasin « Stories From The Road… SFTR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: