Masih mau jadi Ketua PSSI? Silahkan saja Pak…! Lanjutkan!

Aliansi Suporter Indonesia dan Save Our SoccerMengikuti pemberitaan akhir-akhir ini tentang pemilihan Ketua Umum PSSI, kita disuguhi berita menyedihkan, dua bakal calon Ketua Umum, George Toisutta dan Arifin Panigoro, tak lolos verifikasi sebagai calon Ketua Umum PSSI. Ketua Umum Komite Pemilihan Syarif Bastaman mengatakan, pihak yang tak lolos verifikasi akan langsung menerima surat keputusan (SK).

Alasan semuanya akan tertuang di dalam SK. Dan, SK itu bersifat pribadi dan rahasia kecuali yang bersangkutan akan menyebarkannya. Saya kira itu kami persilakan. Semua bakal calon akan mendapatkan SK tersebut,” kata Syarif, saat konferensi pers di Kantor PSSI (Kompas, 19 Februari 2011).

Kemudian Syarif menambahkan, “”Calon Ketua Umum adalah Nirwan Bakrie dan Nurdin Halid..” dan berdasar penyataan ini kita langsung bisa menyimpulkan tak ada calon alternatif dalam Kongres PSSI, 26 Maret nanti.


Tak usah heran kemudian bila pendukung kedua calon ini kecewa berat, salah satunya adalah Aliansi Suporter Indonesia dan Save Our Soccer mereka berunjuk rasa di depan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, hari Minggu ini. Salah satu dari tuntutan mereka adalah meminta kepada pihak kepolisian untuk memeriksa Tim Seleksi dan Tim Verifikasi pemilihan Ketua PSSI, karena ditengarai Tim tersebut tak independen dan bagian dari rezim PSSI. Semua hal ini perlu dilakukan demi masa depan sepak bola Indonesia yang lebih baik.

Persoalannya apakah kepolisian mau mengusut hal ini dengan segera? Ragu deh… Walau kemudian pendukung Arifin dan Toisutta akan melakukan perlawanan melalui jalur hukum dengan memaksimalkan tiga hari masa banding terhitung sejak pengumuman keputusan Komite Pemilihan, Sabtu.

Arifin sendiri menegaskan tidak akan menyerah dan akan tetap berjuang demi perubahan PSSI menjadi lebih baik. Timnya terus menghimpun dukungan dari berbagai daerah untuk mendukung selama proses banding.

Apa yang terbaca dari peristiwa ini? Tampaknya rezim PSSI saat ini mencoba segala macam cara untuk menjegal tampilnya calon alternatif. Semula pecinta sepak bola di negeri ini berharap banyak akan tampilnya ketua umum baru di organisasi sepak bola Indonesia.

Ketua Umum lama berusaha dengan seluruh jajarannya untuk mencari cara agar tidak ada lagi calon yang bisa tampil dalam menuju singgasana ketua umum. Ketua Umum PSSI itu enak rupanya, memimpin organisasi yang begitu disenangi oleh mayoritas bangsa, privilesenya, gengsinya amat besar. Apalagi sang ketua lama, begitu pede disana dengan dukungan penuh dari Ketua sebuah partai besar di negeri ini.

Siapa yang tak mau menikmati posisi ketua organisasi ini, dengan kedudukannya ini dapat menggapai semua kalangan, memperoleh banyak kemudahan ketika akan mengelola sebuah perhelatan olah raga, khususnya sepak bola. Kemudahan mengakses sumber-sumber dana yang ada, banyak deh… Siapa yang tak tergoda!

Nah, godaan seperti itu rupanya lebih menjadi tujuan, ketimbang prestasi.

Sepak bola Indonesia saat ini sedang berada di titik nadir. Ke depan, masih dimungkinkan mafia sepak bola akan tetap merajalela, seperti korupsi, pengaturan skor, pungli, dan lainnya,” kata aktivis Save Our Soccer Apung Widadi ketika melakukan aksi demonstrasi di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (Kompas, 20/2/2011).

Dan rupanya rezim PSSI saat ini masih mempunyai banyak mimpi, walaupun miskin prestasi, mimpi kan sah-sah saja, termasuk mimpi Timnas Garuda ikut Piala Dunia nanti… Bukankah rakyat suka diberi mimpi? Mereka di singgasananya disana begitu sayangnya bila harus meninggalkan kenyamanan yang selama ini sudah diperoleh, mumpung masyarakat sendiri sebenarnya (walau ada ‘segelintir’ yang tetap kritis) sudah tak perduli, laahh… Politik bangsa yang karut marut, korupsi tak kunjung tuntas, kepemimpinan yang ragu, kehidupan sehari-hari yang demikian sulit, harga bahan pokok tak terkendali, boro-boro memikirkan sepak bola, beli cabai saja sudah repot…

Ya sudah, silahkan terus disana, memimpin PSSI… Silahkan saja Pak ! Lanjutkan (mimpinya) !

(Berbagai sumber, Foto Kompas/Roderick Adrian Mozes)

About -dN5
Here I am........

5 Responses to Masih mau jadi Ketua PSSI? Silahkan saja Pak…! Lanjutkan!

  1. bam's says:

    hidup PSSI…!! eeehhh… salah ya…. Hidup Nurdin….. eehh, masih salah yaa…..

    Hidup Arifin..!!!

  2. nez says:

    ga ngerti d….. :p

  3. Pingback: Mulan.. Mulan.. Akhirnya! « Stories From The Road… SFTR

  4. Pingback: Menpora: Nurdin Halid Goodbye! « Stories From The Road… SFTR

  5. Pingback: PSSI? Tak Takut Sanksi FIFA? « Stories From The Road… SFTR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: