Pulau Jemur dan Pulau Jemor… lagi-lagi… Milik kita atau Malaysia??

By Cebong Ipiet

Semuanya udah nulis tentang klaim Pulau Jemur (Kepulauan Riau..) di Traveljournals.net ya? Waduh diriku ketinggalan. Hehehe, lah orang orang sudah menggebu gebu e, diriku baru sempet nengokin website itu kemaren.

Traveljournals.net , situs informasi travel yang domainnya di registrasi di Swedia, (http://whois.domaintools.com/traveljournals.net)

Domain name: traveljournals.net

Registrant Contact:
Nea Internet
Andreas Sjolin ()

Fax:
Vegagatan 22
Sundbyberg, 17234
SE

Seperti hal nya situs situs informasi travel lainnya, situs ini menerima registrasi anggota dan bisa submit artikel pengalaman mereka. Tapi hanya sebatas submit berita. Sedangkan untuk data mengenai peta dan lokasi, salah satu peta yang ada di situs tersebut bersumber dari publikasi CIA dan beberapa data sumber publik lainnya. Seperti kita kita para blogger yang sering mengambil data dari berbagai sumber gitu loh.

Menariknya ketika diriku browsing ke sana, sudah ada beberapa komentar dari kawan kawan Indonesia. Ada yang membuat profile, ada yang membuat account, dan tentunya ada yang nyepam. Lah kalau nyepam apa ya di-reken? Wong uda ada fasilitas contact form gitu. Hehehehe, apapun itu diriku percaya kok itu tandanya mereka peduli pada bangsanya.

Diriku lihat ada form contact di menu bawah. Ceklik saja. Memaki di situs ini diriku rasa ga akan dapat kejelasan apapun. Akhirnya dengan bahasa inggris belepotan, diriku ngirim pesan (tak copy paste dari emailku ya)

Name: Cebong Ipiet
Email: cebong.ipit@gmail.com
Message:
Hi admin,

Sorry for bothering you. I just wanna ask about this site content. About all the data of island, location, etc from every country. Do you upload it self, or user submit it? Could you tell me your map source? For example, this link
http://www.traveljournals.net/explore/malaysia/map/m3272649/pulau_jemor.html
Fyi, this island is belong to Indonesia not Malaysia and this is become main issue of my country now.
I just need your confirmation.
Appreciate if you reply me soon. Thanks.
Regards,

Ipiet

Dan semalam dapat email dari admin, Andreas, sesuai dengan nama registrasi domainnya.

Ipiet,

Thank you for your message.

Our location database is compiled from publicly available data. Sometimes this data can be incorrect and we appreciate feedback on this.
Our intention is to provide our users with an overview of where places are located on a world map.

I assume you refer to “Pulau Jemur” (middle of Malacca strait). That location was removed from the database yesterday, after feedback from others.

From my understanding “Pulau Jemor” (Jemor Island) (http://www.traveljournals.net/explore/malaysia/map/m3272649/pulau_jemor.html) is listed correctly.

Sincerely,

Andreas, Traveljournals.net

Ketika diriku browsing memang sudah tidak ditemukan link Pulau Jemur (http://www.traveljournals.net/explore/malaysia/map/p456617/pulau_jemur.html) , yang masih ada adalah Pulau Jemor, silahkan dilihat sendiri link nya yah yang di atas itu.

Syukurlah sudah ada yang konfirmasi, jadi sudah di remove. Pelajaran buat kita semua. Pemerintah, sudah saatnya memperbaiki data base dan sumber sumber publik lainnya. Media, dalam menyampaikan berita hendaknya bukan hanya mentereng di judulnya, tapi ditelusuri juga kapasitas admin sumber pemberitaan tersebut. Diriku hanya tidak ingin, kita berkoar koar di dunia internasional tanpa bukti kuat, tanpa kemampuan diplomasi dan hanya mengedepankan emosi. Selebihnya, mau tidak mau kita mengakui, dengan adanya serentetan kasus ini, membangkitkan nasionalisme yang telah lama mati suri.

Note:
Grogi pertama kali nulis, tulisan ini saya repost dari blog personal saya

Sekedar uneg uneg lain mengenai media yang mulai malas melakukan verifikasi terhadap sebuah berita

http://rovicky.wordpress.com/2009/09/02/pulau-jemur-dimana-sih/.

(Sumber: kompasiana.com)

About -dN5
Here I am........

6 Responses to Pulau Jemur dan Pulau Jemor… lagi-lagi… Milik kita atau Malaysia??

  1. buddy says:

    berarti pulau ini masih punya kita tooh…
    ya iya lah…
    cuman qo agak yang complain yaa..

  2. cahpamulang says:

    Teriaksih inforasinya.
    Saya reblog ya… buat catetan bahwa media kita memnga asal njeplak doang cari hit.
    😦

    salam dari desa pamulang – tangerang banten

  3. Kasihan ya Indonesia….dikerjain sm negara kecil Malaysia(Singapore??)…..
    Mereka tahu kekuatan kita sampai dimana!!

  4. Pingback: Malaysia Klaim Juga… Bunga Raflesia Arnoldii Milik Siapa..?? « Stories From The Road… SFTR

  5. Herman says:

    Malay… Oh…. Malay… Nasibmu kini….

Leave a comment