Gempa Sumbar Berkekuatan 7,6 SR…..

Gempa Sumatera Barat berkekuatan 7,6 SR.

Gempa Sumatera Barat berkekuatan 7,6 SR.

Sesuai informasi yang diperoleh, telah terjadi gempa berkekuatan besar mengguncang wilayah Sumatera Barat pada hari Rabu (30/9) pukul 17.16 WIB. Data yang diungkap Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa gempa dengan kekuatan magnitude 7.6 SR berpusat di lokasi 0,84 LS – 99,65 BT. Gempa terjadi di 71 km atau 57 km barat daya Pariaman, Sumatera Barat.

Wali Kota Padang Fauzi Bahar melalui telepon melaporkan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla bahwa korban tewas dan luka akibat gempa 7,6 SR di Sumatera Barat sedikitnya 75 orang. Belum lagi korban yang tertindih bangunan.. Dan dari informasi yang diperoleh dari Kantor Berita AFP korban diperkirakan telah mencapai ribuan…. Cuaca yang tidak bersahabat diiringi hujan yang terus menerus, transportasi terganggu, listrik padam, saluran komunikasi terputus, kelangkaan peralatan berat… Keadaan yang memprihatinkan


Kota yang berdekatan juga mengalami pengaruhnya, seperti Pekanbaru, Medan, bahkan dirasakan juga di negara tetangga Singapura. Demikian juga warga di kota Jambi dan sekitarnya juga merasakan goncangan gempa yang berpusat di Pariaman, Sumbar, itu.

Kepala BMKG Provinsi Jambi Remus L Tobing, membenarkan kabar bahwa telah terjadi gempa dengan guncangan yang cukup kuat. Namun, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Akibat dari guncangan yang menggetarkan itu, terlihat lampu-lampu gantung tersebut membuat sejumlah warga kota Jambi berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Informasi terakhir lebih jauh belum diperoleh adanya kerusakan atau korban akibat goncangan gempa yang juga dirasakan di sejumlah kabupaten di Jambi, Bengkulu, dan Aceh itu, tetapi jaringan komunikasi dan listrik terganggu.

(Sumber: tvOne, kompas.com)

About -dN5
Here I am........